SDN 034779 Sidiangkat Semarakkan Hari Budaya Daerah Bersama Babinsa: Wujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Berkebhinekaan Global

Sidikalang, 4 April 2024 – Semarak Hari Budaya Daerah mewarnai SDN 034779 Sidiangkat pada hari Kamis (4/4) dalam rangka Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan elemen berkebhinekaan global. Kegiatan ini dihadiri oleh Babinsa Ramil 02/Sidikalang, Sertu Ibrahim Barus, dan disambut antusias oleh para guru, staf, dan siswa-siswi.

Diawali dengan penampilan puisi berbahasa Inggris, para siswa menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam berbahasa asing. Semangat nasionalisme juga ditanamkan melalui tarian cawan dari suku Batak Toba, drama sejarah danau si cike cike, dan drama tentang saling menghargai suku, agama, dan ras.

Sebagai puncak acara, para siswa dan Babinsa bersama-sama menyanyikan lagu Mars Babinsa, menandakan semangat kebersamaan dan gotong royong dalam menjaga keutuhan bangsa.

Sertu Ibrahim Barus dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini dan menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk memahami dan menghargai keberagaman budaya di Indonesia.

“Kegiatan ini sejalan dengan program P5 yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, berwawasan kebangsaan, dan berkebinekaan global,” ujar Sertu Barus.

Kepala Sekolah SDN 034779, Tommy H. Tumanggor, S.Pd.SD, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya sekolah dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat memahami dan menghargai perbedaan, serta memiliki rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi,” kata Tommy.

Kegiatan Hari Budaya Daerah ini menjadi contoh nyata bagaimana sekolah dan Babinsa bersinergi dalam mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan siap membangun bangsa yang maju dan sejahtera. (Tim)