Sebagai Upaya Memelihara Nasionalisme, Kodim 0207/Simalungun Gelar Upacara Bendera Merah Putih

Simalungun  |  Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin ini adalah dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Dalam kesempatan ini Upacara Bendera Merah Putih hari Senin yang diselenggarakan bertempat di Lapangan Upacara Koramil 08/Bangun, telah melaksanakan kegiatan Upacara Bendera Merah Putih, dalam Upacara tersebut dihadiri ± 300 Personel dan PNS Jajaran Kodim 0207/Simalungun. Untuk para Pejabat Upacara diantaranya Inspektur Upacara Mayor Inf Margana (Kasdim 0207/Sml), Komandan Upacara Lettu Chb Khairul Anwar Simatupang (Plh. Danramil 05/Sbl), Perwira Upacara Kapten Inf Rudianto (Plh. Pasipers), Pengucap Sapta Marga Serda Eko Widodo (Ramil 05/Sbl) dan Pengibar Bendera Merah Putih Personil Ramil 05/Sbl.

Upacara tersebut bukan hanya sekedar rutinitas yang biasa dilakukan, akan tetapi harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia, apalagi sebagai seorang prajurit TNI.

Selain itu, pelaksanaan upacara juga untuk menumbuhkan jiwa patriotisme seluruh peserta upacara, guna menghormati Sang Saka Merah Putih, serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi seluruh prajurit Kodim 0207/Simalungun dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI, dan Sumpah Prajurit.

Selain itu Upacara juga sebagai sarana komando, guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Upacara ini dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme kita, melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan jiwa dan harta benda para Pahlawan Kusuma Bangsa”. Upacara bendera ini juga untuk memupuk jiwa Kejuangan, Patriotisme, Nasionalisme dan Solidaritas Prajurit serta mengenang jasa para Pahlawan, menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air dan bangsa guna menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi Prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.