Selain Untuk Memastikan Kedaulatan dan Keutuhan NKRI, Patroli di Wilayah Perbatasan RI-PNG Dapat Memelihara Naluri Tempur Prajurit Tamalatea

Merauke – Untuk menyakinkan keamanan di wilayah hutan perbatasan RI-PNG dari pelintas ilegal demi menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI Satgas Pamtas Yonif 726/Tml melakasanakan patroli di wilayah Distrik Sota, Senin (25/03/2024).

Dengan kekuatan kurang lebih 10 orang, personel dari Pos Kotis yang dipimpin oleh Serda Sukardi melakukan pergerakan menembus semak-semak dan rawa yang luas di sekitar wilayah batas negara RI-PNG.

Berbekal dengan GPS, peta dan kompas prajurit Tamalatea terus bergerak memantau situasi kemananan di wilayah perbatasan yang sebagian besar hutan belantara tak berpenghuni. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dengan waktu yang tidak menentu dan tidak terjadwal guna memberikan pendadakan apabila terdapat oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Patroli yang selalu dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 726/Tml ini, selain memelihara naluri tempur prajurit menjadi lebih tajam, juga yang paling utama yaitu menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG khususnya di Kabupaten Merauke, sehingga menciptakan situasi kondusif serta rasa aman dan tentram yang membuat aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan sendi-sendi kehidupan lainnya dapat berjalan dengan baik.