Selamatkan Pengunjung Candi Borobudur, 3 Prajurit Kodim Magelang Terima Penghargaan

OKEBUNG | Tiga anggota TNI AD yang bertugas Pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) di Pospam Kawasan Taman Wisata (TWC) Borobudur, mendapat penghargaan dari Dandim 0705/Magelang, Letkol Arm Rohmadi, S.Sos, M.Tr(Han) karena berhasil menyelamatkan nyawa seorang anak pengunjung wisata Candi Borobudur yang tercebur dalam sumur.

Penghargaan itu diserahkan oleh Kasdim 0705/Magelang, Mayor Inf Sudarno di lapangan Makodim Magelang, usai upacara pengibaran bendera, Senin (9/1/2023).

Penghargaan bagi ke tiga anggota TNI yang dinas di Kodim Magelang itu yakni, Serda Rahman, Serda Wahyu Aji  Riansyah dan Serda M.Subadar.

“Pemberian penghargaan bagi tiga anggota Kodim Magelang ini, sebagai bentuk wujud, bahwa setiap macam perbuatan baik apapun yang dikerjakan dengan penuh ikhlas, pasti akan memetik hasil yang baik,” kata Kasdim.

Ia menjelaskan, upaya penyelamatan terhadap wisatawan Candi Borobudur yang dilakukan oleh tiga anggota Kodim 0705/ Magelang tersebut bisa menginspirasi bagi seluruh prajurit dan PNS di satuan Kodim Magelang.

Menurutnya, setiap tugas seorang prajurit TNI tidak mengesampingkan misi-misi kemanusiaan yang melekat pada setiap pribadi seorang prajurit Sapta Marga.

“Tidak hanya tugas pokok yang diberikan oleh pimpinannya, tetapi setiap prajurit sudah dilatih untuk melihat kejadian yang ada disekitarnya,” tandasnya.

Mayor Sudarno menambahkan, atas dedikasinya dalam misi kemanusiaan tersebut, ketiga prajurit handal Kodim Magelang tersebut pada Selasa (10/1/2023) diundang sebagai nara sumber di Penerangan Angkatan Darat Mabes TNI AD. Yakni menjadi bagian menginspirasi seluruh anggota TNI AD.

Sementara Serda Rahman dan 2 anggota lainnya mengaku gembira menerima penghargaan dari pimpinannya yakni Dandim 0705/Magelang. Menurutnya, penghargaan ini sebagai penyemangat dirinya dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai insan Prajurit TNI AD.

“Penghargaan dari Pak Dandim ini sangat berarti buat kami dan keluarga. Sehingga motivasi dan semangat dalam misi kemanusiaan akan terus kami junjung setinggi mungkin guna mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata Serda Rahman.

Untuk diketahui, wisatawan Candi Borobudur yang diselamatkan ke tiga anggota Kodim Magelang dari maut yakni Aurelio Rafael Aditya (7) asal Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Jateng. (Pen0705Mgl/Muz)