Semakin Mendekati Akhir Tes, Calon Prajurit TNI AL Terpilih Panda Lantamal V Gelar Tes MI

TNI AL343 Dilihat

SURABAYA|
Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menggelar tes Mental Ideologi (MI) penerimaan Calon Bintara (CABA) dan Calon Tamtama (CATA) Prajurit Karier (PK) TNI Angkatan Laut Gelombang I Tahun 2024 yang diselenggarakan di Gedung Riatama Komplek Pasiran Ujung Surabaya.Senin (29/01/2024)

Tes MI merupakan salah satu syarat dan bagian dari seleksi penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Laut, yang bertujuan untuk menilai dan mengukur mental seseorang serta mengetahui wawasan kebangsaan yang dimiliki oleh tiap peserta calon prajurit TNI Angkatan Laut. Wawasan kebangsaan tersebut meliputi pengetahuan dan pemahaman tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP).

Tes MI dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tes tertulis dan wawancara. Peserta dapat mengikuti tes MI setelah dinyatakan lulus pada beberapa rangkaian tes sebelumnya antara lain Pemeriksaan Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani dan Psikologi.

Adapun jumlah peserta yang memenuhi syarat dan dapat mengikuti tes MI sampai dengan hari ini yaitu CABA PK Wanita 151 Orang dan CATA PK 404 orang.