Semangat Gotong Royong Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Masyarakat Laksanakan Penimbunan Jalan

Korem 02224 Dilihat

Simalungun | Kerusakan jalan tersebut diperparah lagi oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga hampir sepanjang jalan, genangan air menghiasi jalan-jalan yang berlubang dan masih belum ada Aspal ataupun rabat beton, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Bangun jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Sismadi turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Gotong-royong bersama warga masyarakat binaan dalam rangka penimbunan jalan menggunakan Batu Cadas yang menuju ke perbatasan dengan Nagori Negeri Malela, kegiatan Gotong royong bersama masyarakat tersebut yang dilaksanakan bertempat di Huta lll Nagori Lingga Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun, Minggu (13/11/2022).
Bersama masyarakat melaksanakan penimbunan jalan yang sering dilalui warga dan memang yang sudah lama rusak dan belum ada pengaspalan dijalan tersebut, Babinsa gerakkan masyarakat untuk bergotong royong untuk menimbun jalan yang rusak agar warga dapat melakukan aktifitasnya sehari-hari dengan lancar karena jalan yang rusak sudah ditimbun menjadi rata kembali. Dengan adanya gotong-royong penimbunan jalan tersebut Babinsa menyadarkan warganya bahwa betapa pentingnya bergotong-royong dalam kehidupan sehari-hari, karena seringan apapun pekerjaan, kalau dikerjakan sendiri maka akan terasa berat akan tetapi seberat apapun pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama maka akan terasa ringan pekerjaan tersebut.
Hal ini menyebabkan masyarakat sangat antusias dalam setiap suatu kegiatan karena Babinsa selalu ada ditengah-tengah mereka sehingga diharapkan jalinan kerjasama tersebut putus dan terus menerus dapat terjalin dengan baik, dengan penimbunan jalan yang sering dilalui oleh masyarakat yang memang sudah lama rusak, kerusakan jalan tersebut diperparah lagi oleh curah hujan yang cukup tinggi sehingga hampir sepanjang jalan, genangan air menghiasi jalan-jalan yang berlubang.
Dengan menggunakan alat seadanya Babinsa Serda Sismadi memimpin masyarakat untuk memecahkan material berupa batu Cadas untuk menimbun jalan agar warga dapat melakukan aktifitasnya sehari-hari dengan lancar karena jalan yang rusak sudah ditimbun menjadi rata kembali. “Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak lepas dari kegiatan teritorial yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang aparat di Desa Binaannya. Babinsa dituntut untuk selalu bersinergi dengan pemerintahan desa maupun warga masyarakat,”. Selain untuk mempererat hubungan komunikasi dengan perangkat Desa atau Kelurahan, menurutnya gotong royong ini juga menunjukkan wujud kepedulian Babinsa juga salah satu cara berkomunikasi dengan warga di tempat binaan, terang Babinsa.
Dikatakan Babinsa Serda Sismadi lebih lanjut, kegiatan kerja bakti ini dilakukan karena kondisi jalan yang ada tidak dapat dilalui kalau musim hujan, Babinsa mengharapkan agar masyarakat untuk selalu peduli dengan kondisi lingkungan disekitar tempat tinggalnya. “Semoga jalinan kerja sama yang baik selama ini akan semakin kuat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkasnya.