Semarang Tuan Rumah Pembukaan Forum Halal 20, Kasdam Diponegoro Dampingi Wapres

OKEBUNG | Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito turut mendampingi Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin serta Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin kunjungan kerja ke Jateng, Jumat (18/11/2022).

Kedatangan Wapres ini guna meresmikan pembukaan Forum Halal 20 (H20) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama.

Hari pertama di Semarang, Wapres langsung meresmikan pembukaan Forum H20 yang merupakan bagian dari gelaran Presidensi G20 yang berlangsung sejak 17 sampai 19 November 2022 mendatang. Diikuti 279 partisipan yang berasal dari 44 negara.

Dengan melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPJPH dengan Helal Akreditasyon Kurumu (HAK) Turki, Saudi Food and Drug Authority (SFDA), serta lembaga lembaga nasional RI.

Melalui forum yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama (Kemenag) tersebut, Wapres menegaskan 3 poin penting yang harus dioptimalkan untuk mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia.


Diantaranya mendorong BPJPH dan para perwakilan lembaga halal luar negeri untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi terkini dalam penyelenggaraan jaminan produk halal. Melakukan kerja sama pengakuan dan keberterimaan sertifikat halal untuk ditindaklanjuti maupun ditambah cakupannya, serta pengembangan jaminan produk halal antarnegara agar terus diperluas.

Selain itu penyelenggaraan H20 dinilai sangat strategis dan relevan, sebab sejalan dengan komitmen pemerintah untuk terus mengembangkan dan memperkuat kerja sama pasar halal global.

“Jaminan produk halal, tidak hanya soal sertifikasi, tetapi juga soal teknologi, sumber daya manusia atau SDM, dan sarana prasarana. Untuk itu jadikan momentum ini untuk mewujudkan kemitraan halal global demi masa depan yang berkelanjutan,” ujar Wapres KH Ma’ruf Amin.

Usai meresmikan Pembukaan Forum H20, di hari kedua Wapres melanjutkan agenda Kunkernya dengan mengunjungi UMKM di Sanggar Batik Semarang 16, yang berlokasi di Tembalang. Dilanjutkan melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), di Gayamsari, Semarang. (Muz)

Sumber : Pendam IV/Diponegoro