Sengketa Tanah Berakhir Damai Berkat Sinergi Babinsa dan Perangkat Desa

Sidikalang, Dairi (16 Maret 2024) – Sengketa tanah yang terjadi antara Bapak Ramli Lingga dan Bapak Aidil Damanik di Desa Berampu, Kecamatan Berampu, Kabupaten Dairi, akhirnya berakhir damai.

Penyelesaian ini tidak lepas dari peran aktif Babinsa Koramil 02/Sidikalang, Kodim 0206/Dairi Koptu Bahtiar dan perangkat desa setempat.
Koptu Bahtiar bersama Kepala Desa Berampu, Bapak Muktar Purba, perangkat desa, dan kedua warga yang berselisih paham, turun langsung ke lokasi untuk melakukan pengukuran lahan pekarangan tanah milik kedua belah pihak. Dengan kesabaran dan ketelitian, Koptu Bahtiar membantu memediasi proses pengukuran dan memastikan batas-batas tanah yang sah.

“Proses mediasi berlangsung dengan lancar dan penuh kekeluargaan. Kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk menyelesaikan masalah ini dengan damai,” ungkap Koptu Bahtiar.

Kepala Desa Berampu, Bapak Muktar Purba, mengapresiasi peran Babinsa dalam membantu menyelesaikan sengketa tanah ini. “Kerjasama dan sinergi antara Babinsa dan perangkat desa sangatlah penting dalam menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayah desa,” tuturnya.

Penyelesaian sengketa tanah ini menjadi contoh nyata bagaimana Babinsa dan perangkat desa bekerja sama dalam membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan di tingkat desa.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menyelesaikan permasalahan dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat.

Koptu Bahtiar merupakan Babinsa Koramil 02/Sidikalang yang bertugas di Desa Berampu. Sebagai Babinsa, Koptu Bahtiar memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu pemerintah desa dalam menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah, serta membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan di tingkat desa.(Tim)