Senyum Babinsa di Magelang jadi Kunci Perekat Kemanunggalan dengan Warga

OKEBUNG | Upaya memanunggalkan TNI dengan rakyat terus dibangun oleh prajurit dimanapun bertugas. Tak terkecuali dengan Babinsa di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan oleh Serka Anwari. Babinsa Desa Kaponan dari Koramil 08/Pakis Kodim 0705/Magelang ini, memiliki senjata jitu setiap bertemu dengan warga. Senjata jitu dimaksud bukanlah senjata mematikan layaknya yang dipakai saat tugas di daerah operasi militer.

Setiap turun ke desa binaannya, Serka Anwari tak harus menenteng peralatan tempur layak dirinya seorang prajurit yang selalu identik dengan senjata. Saat melakukan komunikasi sosial (komsos) atau bertemu dengan warga, yang ia andalkan adalah senyum.

Tak heran jika Serka Anwari selalu berpegang teguh pada prinsipnya bahwa merangkul warga kuncinya adalah senyum. Melalui senyum ia bisa hadir dan berkomunikasi dengan baik bersama warga.

“Kita sebagai Babinsa, harus bersikap dan berprilaku dengan baik dan harus selalu senyum. Karena dengan senyum ini, warga pun bisa dekat, akrab dengan kita sebagai TNI,” ujar Serka Anwari saat bersilaturahmi dengan Bapak Penggik, petani sayuran kubis di Kecamatan Pakis, Senin (23/1/2023) pagi.

Oleh anggota Koramil 08/Pakis ini, meski suasana libur Imlek, namun ia tetap menunaikan tugasnya sebagai Babinsa. Momentum hari libur tersebut ia manfaatkan melakukan kegiatan komsos dengan warga salah satunya dengan Bapak Penggik.

Sementara itu, Danramil 08/Pakis Kapten Inf I Ketut Kukuh AW, S.Sos, berharap agar Babinsa selalu menjaga dan merawat hubungan silaturahmi dimanapun bertugas. Baik kepada warga di wilayah maupun dengan instansi pemerintah yang ada di wilayah Kecamatan Pakis.

“Membangun silaturahmi melalui komunikasi sosial, anjangsana, tegur sapa, merupakan salah satu sikap, tindakan dan perilaku Babinsa yang harus dipupuk dalam memelihara kemanunggalan TNI dan rakyat,” kata Danramil 08/Pakis. (Pendim0705/Mgl)

Editor : Muiz