Serda Andri Hadiri Serah Terima Jabatan Kepengurusan KAN, Dari Pengurus Lama Ke Pengurus Baru Nagari Koto Hilalang

OKEBUNG|
Serda Andri Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, menghadiri undangan Serah Terima Jabatan Kepengurusan KAN (Kerapatan Adat Nagari) dari Pengurus Lama ke Pengurus Baru Nagari Koto Hilalang Periode 2023 – 2028, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. Senin, (16/1/2023).

Adapun serah terima jabatan kepengurusan KAN Nagari Koto Hilalang, pejabat pengurus lama yang dijabat oleh Musbar Dt Panji Alam di serah terimakan kepada pejabat pengurus baru Leon Petra Dt Mudo.

Kerapatan Adat Nagari (KAN) merupakan suatu lembaga perwakilan permusyawaratan dan mufakat adat tertinggi yang telah ada dan diwarisi secara turun temurun sepanjang adat di tengah masyarakat Nagari di Sumatera Barat. KAN bertugas sebagai penjaga dan pelestari adat dan budaya Minangkabau.

Babinsa menyampaikan ucapan selamat kepada angku-angku niniak mamak pemangku adat Nagari Koto Hilalang yang baru saja dikukuhkan sebagai pengurus Kerapatan Adat Nagari untuk lima tahun kedepan, semoga amanah yang diemban ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kedepan kepengurusan KAN ini diharapkan berperan kembali aktif dalam penyelenggaraan Pemerintahan baik ditingkat Nagari maupun di Kabupaten sendiri, khususnya dalam bidang pelestarian adat yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat,” ucapnya.

Masyarakat Nagari yang merupakan komunitas masyarakat Minangkabau, sampai saat ini masih mengakui kedudukan KAN sebagai forum musyawarah mufakat tertinggi dari niniak mamak pemangku adat.

Lanjutnya, “sebagai pemimpin informal yang masih dihormati dan dimuliakan oleh anak kemenakan diharapkan agar dapat lebih memposisikan diri dan mengambil peran ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Dengan terpilihnya pengurus KAN periode 2023-2028 yang akan dilaksanakan oleh pengurus yang baru, dengan harapan dapat meningkatkan kinerjanya supaya terwujud masyarakat Koto Hilalang yang mengerti dengan adat istiadat yang berlaku di Nagari Koto Hilalang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya.

Hadir dalam acara serah terima jabatan ketua KAN Nagari Koto Hilalang, Ketua BPN M. Husein, Wali Nagari Koto Hilalang Yuli Hendra ST., Pejabat Ketua KAN lama Musbar Dt Panji Alam, Pejabat Ketua KAN baru Leon Petra Dt Mudo, Ninik Mamak Nagari Koto Hilalang, Ketua dan segenap anggota Bundo Kanduang, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.