Serka Toto Karta, Babinsa Kodim 0624/Kab Bandung Ajak Warga Dan Komunitas Bersihkan Tumpukan Sampah

KAB.BANDUNG|
Tumpukan sampah yang berserakan masih menjadi permasalahan lingkungan, kesadaran masyarakat dalam menanggulangi sampah rumah tangga harus ditingkatkan.

Seperti terlihat di Kampung Cigugur RW 03 Desa Margaasih Kecamatan Margaasih, Serka Toto Karta Babinsa Koramil 2415/Margahayu Kodim 0624/Kab Bandung mengajak komunitas lingkungan dan masyarakat membersihkan puluhan kubik sampah yang dibuang sembarangan.

Dandim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto melalui Danramil Margahayu Kapten Inf Suwandi mengatakan, pembersihan sampah menjadi rutinitas anggotanya dalam menjaga lingkungan dari bencana dan penyebaran penyakit.

” Lingkungan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup kita, menjaganya menjadi tugas bersama, kepekaan kita akan lingkungan bisa menyelamatkan masyarakat banyak,” ujar Kapten Inf Suwandi, Kamis (1/02/2024).

Sementara Serka Toto Karta menambahkan bahwa, dirinya bekerjasama dengan berbagai komunitas lingkungan dan unsur Pemerintah Desa untuk membersihkan sampah di tempat yang tidak semestinya.

” Apabila hujan turun, sampah tersebut akan terbawa air dan masuk aliran sungai, hal itu bisa menyebabkan penyumbatan dan mengakibatkan banjir,” ujar Serka Toto Karta.

Disamping itu lanjut Babinsa Margaasih, sampah yang basah dan tertinggal akan menyebabkan bau tidak sedap, bahkan menyebabkan penyebaran penyakit.

” Sampah yang berhasil diangkat sebanyak 12 kubik, langsung kami kirim ke tempat pemilahan untuk dipilah dan dimusnahkan sisanya,” imbuh Serka Toto Karta.

Dirinya berharap, segenap lapisan masyarakat memperhatikan kesehatan lingkungan, jangan tidak peduli karena itu akan merugikan masyarakat banyak.

Rie/MPN