Sertijab Komandan Kodikopsla Wujud Reorganisasi Kepemimpinan di Tubuh Kodiklatal

TNI AL555 Dilihat

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 05 Januari 2024—–

Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal), Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Kodikopsla Kodiklatal dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dadang Somantri yang merupakan Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 39 Tahun 1993 kepada Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah Alumni AAL Angkatan 43 Tahun 1997, bertempat di lapangan Dewa Ruci Kodikopsla Kodiklatal Surabaya. Jumat (05/01/2024)

Dalam amanatnya, Dankodiklatal mengatakan bahwa Sertijab pada hakikatnya merupakan bagian dari rangkaian “tour of duty” dan “tour of area” di lingkungan TNI Angkatan Laut yang menggambarkan dinamika pembinaan TNI Angkatan Laut, guna menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

Lebih lanjut dijelaskan Letjen Marinir Nur Alamsyah, bahwa untuk mewujudkan cita-cita TNI AL yang profesional, modern dan tangguh, setiap organisasi di jajaran Kodiklatal harus memiliki peran penting sesuai bidang serta tugas pokok dan fungsi masing-masing. Demikian pula, Kodikopsla sebagai unsur pelaksana Kodiklatal yang bertugas melaksanakan program Pendidikan Lanjutan Perwira, Pendidikan Ilmu Kepelautan, Pendidikan Khusus, Pendidikan Hidro-Oseanografi dan Pendidikan Intelijen Maritim, serta melaksanakan pengkajian dan pengembangan doktrin pada tataran taktik operasi tempur laut.

“Dari uraian tugas di atas, tantangan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Kodikopsla tidak ringan, karena Kodikopsla memegang peran yang sangat penting dalam pendidikan personel Korps Pelaut. Di pundak para pelatih dan instruktur, saya berharap para siswa Kodikopsla mampu menyelesaikan pendidikannya dengan profesi sebagai Prajurit Jalasena yang profesional, modern dan tangguh”, tegas Dankodiklatal.

Pada kesempatan ini, Komandan Kodiklatal mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Laksma TNI Dadang Somantri yang selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Asrena Pangkoarmada RI, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Kodikopsla serta Ny. Anies Dadang Somantri yang telah mendukung dan setia mendampingi suami serta keberhasilannya memimpin Cabang 2 Jalasenastri Kodikopsla dan perannya pada Organisasi Gabungan Jalasenastri Kodiklatal.

Sementara itu, kepada Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah yang sebelumnya menjabat sebagai Paban I Jakrenstra Srena Kasal, selamat datang dan selamat atas kenaikan pangkat serta jabatan barunya sebagai Komandan Kodikopsla. Kepercayaan, kehormatan dan penghargaan yang tinggi dari Pemimpin TNI Angkatan Laut untuk menempati jabatan strategis ini, hendaknya dapat memacu semangat berprestasi lebih baik lagi demi keberhasilan tugas pokok Kodiklatal melahirkan prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Di tempat terpisah, Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah memimpin Sertijab Ketua Cabang 1 dan 2 serta Reorganisasi Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal. Dalam acara tersebut, Ketua Cabang 1 Gabungan Jalasenastri Kodiklatal diserahterimakan dari Ny. Febri Dedy Junaidi kepada Ny. Etti Fajar, sedangkan Ketua Cabang 2 Gabungan Jalasenastri Kodiklatal diserahterimakan dari Ny. Anies Dadang Somantri kepada Ny. Santi Iwan Kusumah. Kegiatan yabg dihadiri Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Dian Eko Wahjono dan para Pengurus Jalasenastri Kodiklatal dilaksanakan di Smart Class Kodikopsla Kodiklatal.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal.