Sertu Andi : Proses Penyiangan Sawah Penting Dilakukan Guna Menjaga Kesuburan Padi

Kodam IM21 Dilihat

Aceh Timur – Kodim 0104 Aceh Timur melalui peran Babinsa selaku aparat pembina Desa secara aktif terus memaksimalkan upaya pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.

Kali ini kegiatan pendampingan dilakukan Sertu Andi di lahan seluas ± 3 rante milik Zainal , Anggota Poktan Tani Sejahtera di Desa Alue Batee, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (12/01/2023).

Menurut Sertu Andi, pendampingan dalam proses penyiangan dilahan tanaman padi berumur 30 hari sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan padi sehingga dapat berkembang maksimal serta hasil panennya lebih optimal.

“Mengingat padi milik Zainal ini masih berusia 30 hari sehingga perawatan dan penyemprotan hama menjadi peran penting dalam berlangsungnya pertumbuhan padi” terangnya.

Lanjutnya ia menerangkan rumput liar yang tumbuh di areal tanaman sangat menganggu tumbuh kembang padi, maka dari itu kita turun kesawah membantu proses penyiangan dengan harapan tanaman dapat berkembang dengan baik.

Sementara Zainal selaku pemilik lahan mengatakan peran Babinsa sangat dirasakan oleh para petani didesa, tidak hanya pendampingan saja Babinsa juga tidak segan turun ke sawah untuk membantu kami di lapangan, saya mewakili petani yang lain mengucapkan terimakasih kepada Pak Babinsa, pungkas Zainal.