Sertu Syondesrial Dampingi Kader Posyandu Di Wilayah, Dalam Pemberian Layanan Kesehatan Pada Balita, Ibu Hamil dan Lansia

OKEBUNG|
Babinsa Koramil 03/Sungai Pagu Kodim 0309/Solok, Sertu Syondesrial melaksanakan pendampingan Kader Posyandu dalam melaksanakan kegiatan Pemberian Gizi dan Penimbangan kepada Balita, Ibu hamil dan Lansia di wilayah binaan.

Kegiatan ini bertempat di Jorong Pasat Barat Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Rabu, (18/1/2023).

Posyandu adalah sebagai wadah peran serta masyarakat untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, dan peningkatan kualitas manusia. Kegiatan posyandu tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu, anak dan lansia. 

Sertu Syondesrial mengatakan adapun tujuan pendampingan ini agar kader-kader Posyandu proaktif dalam memantau Ibu hamil dan Balita agar terhindar dari bahaya gizi buruk di lingkungannya. Selalu memantau gizi dan kondisi kesehatan Lansia, supaya bisa berkoordinasi dengan Puskesmas untuk tindak lanjutnya.

Kegiatan posyandu diawali dengan penimbangan berat badan dan tinggi badan balita dilanjutkan pemberian imunisasi dan vitamin.

Kepada orang tua Sertu Syondesrial juga berpesan, agar makanan ini betul-betul diberikan kepada sianak dan juga diharapkan orang tua selalu memperhatikan pertumbuhan anak dari mulai dalam kandungan sampai tumbuh dewasa.

Kegiatan pendampingan ini bukan hanya pada Posyandu balita dan ibu hamil saja tapi juga para Lansia, karena mereka salah satu kelompok rentan yang harus mendapat pemeriksaan rutin agar selalu terjaga kesehatannya,” ungkap Babinsa.