Setelah Mendapat Sosialisasi Dari Satgas Yonif 122/TS ,Masyarakat di Perbatasan Mengolah Kedelai Menjadi Tempe

Kabupaten Keerom – Sebagai wujud kecintaan dan kepedulian terhadap warga perbatasan, prajurit Satgas Pamtas Yonif 122/TS yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolaksops) Korem 172/PWY memotivasi warga untuk meningkatkan kreativitas dengan memberikan pelatihan cara pembuatan tempe kepada masyarakat Kampung Sawiyatami, Distrik Mannem, Kabupaten Kerom, (12/01/2024).

Diungkapkan Danpos Sawiyatami Lettu Inf Zulkifli Sirait bersama anggotanya, mengajarkan warga cara membuat tempe kepada warga Kampung Sawiyatami.
“Pelatihan pembuatan tempe tersebut dilaksanakan di Pos Sawiyatami dengan melibatkan 10 orang warga,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain mengamankan perbatasan, prajurit TNI yang sedang bertugas di wilayah perbatasan juga berperan aktif meningkatkan pemberdayaan dan kreativitas warga, salah satu contoh dengan mengajarkan cara membuat tempe.

“Karena di Kampung Sawiyatami sendiri, makanan tempe relatif jarang dijumpai, jika usaha ini dikembangkan kami yakin bisa meningkatkan pendapatan ekonomi warga,” imbuhnya.

Danpos Sawiyatami Lettu Inf Zulkifli Sirait menuturkan, pelatihan pembuatan tempe tersebut dilakukan oleh dua orang anggotanya, yaitu Pratu Fajar Riski dan Prada Indra Jamil Aceh.

“Ternyata warga pun senang mengikuti pelatihan tersebut, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan warga sekaligus mempererat hubungan tali persaudaraan,” tuturnya.

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriadi, S,Hub.Int, Tugas pokok Satgas Yonif 122/TS menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, juga mempunyai tugas tambahan yaitu seluruh prajurit melaksanakan kegiatan teritorial yang bersifat, membangun, melayani, dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan di tiap-tiap pos masing-masing.

Sementara itu, Saino Bagiasi (30), mewakili warga lainnya menuturkan sangat senang dan bangga dengan di berikan pengajaran keterampilan cara membuat tempe.

“Membuat tempe ternyata tidak begitu sulit dan bahannya pun mudah didapat, terima kasih atas kepedulian Satgas mengajari mama-mama di sini cara mengolah tempe,” pungkasnya senang.

Otentifikasi: Penerangan Satgas Yonif 122/TS