Silaturahmi ke Gedung Johor, Pangdam I/BB Ajak Ummat Islam Utamakan Perilaku dan Akhlak yang Baik

OKEBUNG|
Tidak hanya kepada Prajurit dan PNS TNI AD di satuannya, kepada berbagai elemen masyarakat khususnya ummat Islam, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, selalu mengajak untuk terus mempertahankan dan bahkan lebih meningkatkan lagi kualitas perilaku dan akhlak yang baik dengan lingkungan di sekitarnya.

Karena, perilaku dan akhlak yang baik yang sesuai tuntutan Al Qur’an serta Sunnah Rasulullah merupakan implementasi dan aktualisasi dari Islam sebagai Rahmatan Lil’alamin.

Hal ini disampaikan Pangdam saat menghadiri acara silaturahmi dan coffee morning dengan berbagai elemen masyarakat Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Minggu (25/12/2022) pagi.

Pangdam yang hadir usai salat subuh berjamaah bersama Tim Safari Subuh Arafah Sumut di Masjid Muslimin Gedung Johor, mengaku sangat bersyukur masih diberikan waktu dan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertatap muka dan bersilaturahmi secara langsung dengan warga masyarakat di Kota Medan sekitarnya.

“Di kesempatan yang mulia ini, saya mengajak ummat Islam untuk mencontoh Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim yang karena perilaku dan akhlaknya baik, mampu menggugah warga di Pulau Jawa yang saat itu beragama Hindu untuk ikut secara sukarela memeluk agama Islam. Padahal saat itu, Sunan Gresik sama sekali belum melakukan dakwah dan syiar agama,” jelas Pangdam.

Sepak terjang Sunan Gresik itu dinilai Pangdam sangat tepat untuk diikuti ummat Islam, karena perilaku dan akhlak yang baik juga bagian dari dakwah dan syiar Islam.

“Saya berharap, kita bisa menularkan perilaku dan akhlak yang baik ini di lingkungan sekitar, sehingga persatuan dan kesatuan kita dalam bingkai NKRI dan ideologi Pancasila semakin kuat dan kokoh,” pungkasnya.

Apa yang disampaikan Pangdam I/BB ini, tak ditampik Ustadz H Azwir yang juga Ketua BKM Masjid Agung Medan itu. Menurutnya, jarang ditemui seorang Pangdam seperti Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin ini yang di sela kesibukannya, masih bisa berdakwah tentang pentingnya akhlak dan perilaku yang baik di lingkungan sekitar.

“Mari kita sesama ummat Islam bersatu dengan mengedepankan perilaku dan akhlak yang baik, sehingga benarlah bahwa Islam itu Rahmatan Lil’alamin,” pungkasnya.

Acara yang diprakarsai bapak Abdul Wahab itu turut dihadiri komunitas IMBI (Ikatan Motor Besar Indonesia) Sumut, Ikatan Pasundan Sumut, Persatuan Urang Banten, jamaah tabligh, Karang Taruna Medan, Prof Subhillar MA bersama sejumlah akademisi, serta Wakabintaljarahdam I/BB, Letkol Inf AS Siregar dan Komandan Koramil 0201-08/Medan Amplas, Kapten Arm Eddy Hutabarat, SH, MH.

Sumber: Redaksi