Sinergitas TNI-Polri Dan Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan Di Karubaga

Tolikara ~ Pelaksanaan karya bakti yang melibatkan personel TNI-Polri dan masyarakat yang dipimpin oleh Pasiter Kodim 1716/Tolikara Kapten Inf V. L. Cendra Hungan bertempat di Jl. Ampera, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (25/1/2024).

Dandim 1716/Tolikara Letkol Inf Marolop E.B Hutapea, M.Han., mengungkapkan mitigasi bencana sangatlah penting. Salah satunya dengan pelaksanaan karya bakti secara rutin agar kebersihan lingkungan dapat tetap terjaga.

“Dengan karya bakti ini kami mengajak seluruh komponen masyarakat agar dapat lebih menjaga kebersihan lingkungan, sehingga dapat terhindar dari bencana alam khususnya banjir dan tanah longsor,” ungkap Dandim.

Dikatakan Pasiter, curah hujan yang di tinggi di sebagian besar wilayah Kab. Tolikara dalam sebulan terakhir ini, mengharuskan aparat TNI-Polri beserta komponen masyarakat agar peka terhadap mitigasi bencana banjir dan tanah longsor. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan fasilitas umum.

“Salah satunya menjaga kebersihan selokan atau parit, sehingga drainase dapat berfungsi dengan baik pada saat cuaca hujan,” kata Pasiter dalam pelaksanaan karya bakti.

Pelaksanaan karya bakti kali ini di ikuti oleh 15 personel Kodim 1716/Tolikara, 15 personel Satgas Yonif 721/MKS melalui Pos Karubga, 15 personel Polres Tolikara dan 10 orang masyarakat setempat.

Sementara itu, Bapak Yahones Bogum selaku masyarakat yang tinggal di Jl. Ampera mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian personel TNI-Polri yang dengan ikhlas membantu membersihkan selokan/parit sehingga kebersihannya dapat tetap terjaga.

“Terima kasih TNI-Polri serta masyarakat setempat atas kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Dengan kegiatan ini masyarakat akan sadar untul terus menjaga kebersihan lingkungan,” ucapnya.