Sistem Tanam Tumpangsari Pepaya dan Cabai Rawit, Babinsa Harapkan Dapat Meningkatkan Penghasilan Petani

OKEBUNG|
Serka Taufik Babinsa Koramil 01/Kota Solok Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) dibidang pertanian yaitu penanaman pepaya dan cabai rawit dengan luas lahan 0,5 H.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama warga masyarakat binaan bapak Revolizar, yang berlokasi di RT/RW I/IV, Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Selasa, (10/1/2023).

Tumpang sari yaitu yaitu suatu bentuk sistem pola tanam campuran yang melibatkan dua jenis tanaman atau lebih pada satu areal dalam waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan.

Namun pola tanam tumpang sari harus memperhatikan pemilihan tanaman yang akan dikombinasikan sehingga tidak merugikan atau saling menghambat pertumbuhan antara satu tanaman dengan tanaman lainnya.

“Perkembangan saat ini tahap perawatan rutin dan pembersihan dari gulma pengganggu dapat mengoptimalkan dalam pertumbuhan tanaman agar tumbuh dengan baik,” ucap Babinsa.

Serka Taufik menambahkan, sistem tanam tumpangsari atau menaman dua jenis tanaman dalam satu lahan memang kadang dilakukan olah para petani. Kombinasi dua jenis tanaman tersebut diharapkan akan meningkatkan penghasilan petani. 

Kegiatan ini mudah-mudahan menjadi motivasi dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat di wilayah binaan Koramil 01/Kota Solok.

“Disamping itu, dengan aktif di wilayah akan menciptakan silaturahmi dan keharmonisan bersama masyarakat binaan, dan tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna wujudkan ketahanan wilayah yang kuat,” tutup Babinsa.