Sosialisasi Kewirausahaan dan UMKM, Babinsa Sukarame sebut UMKM Punya Peran Penting

KUTAI KARTANEGARA.OKEBUNG.COM Seiring perkembangan dunia tekhnologi dan bisnis yang semakin meluas, pengawas koperasi dinas UMKM Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) gelar sosialisasi kewirausahaan dan UMKM di Kelurahan Sukarame sebagai upaya mempertahankan eksistensi dalam menjalankan bisnis dan usaha.

Sosialisasi yang digelar di aula kantor kelurahan Sukarame, jalan AP. Pranoto RT. 03 kecamatan Tenggarong Kamis (24/11/2022) dipimpin langsung oleh pengawas koperasi dinas UMKM Kab. Kukar, Indah Septiani Nugrahaini. SE dengan dihadiri Lurah Sukarame Rini Apriningsih, Babinsa Sertu Faisal, Bhabinkamtibmas Aiptu Supriyadi dan peserta sosialisasi UMKM.

Disela pelaksanaan sosialisasi, Babinsa kelurahan Sukarame Sertu Faisal menyebutkan UMKM mempunyai peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian namun masih ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan UMKM itu sendiri.

“Salah satu faktor pendukung UMKM dalam pengembangan masyarakat di bidang ekonomi ini meliputi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah serta partisipasi masyarakat yang cukup tinggi sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan modal, sarana dan prasarana”, ucapnya.

Faisal juga menuturkan saat ini warga dikelurahan Sukarame banyak yang terfokus untuk menjadi karyawan disektor pertambangan yang sangat menjanjikan dengan penghasilan yang besar, dengan adanya sosialisasi ini kami berharap dapat membangun kembali jiwa kewirausahaan dan bisnis dalam menjalankan usaha secara mandiri, tutup Babinsa.

Kenyataannya masyarakat hanya terfokus pada status kerja sebagai karyawan diperusahaan untuk mendapatkan penghasian. Karena itulah pengembangan masyarakat dengan metode sosialisasi penanaman jiwa kewirausahaan dan bisnis online dilakukan untuk membantu memotivasi masyarakat untuk menjalankan usaha mandiri.

Sumber : Dim 0906/Kkr