Sosialisasi Satgas P4GN TNI AU di Lanud Hang Nadim: Airmen Harus Bebas Narkoba

TNI AU302 Dilihat

Batam|
Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Sony Aji Pramono, S.T., M.I.Pol secara mendadak memerintahkan seluruh personel mulai dari Perwira, Bintara dan Tamtama untuk melaksanakan tes urine usai melaksanakan apel pagi, bertempat di Mako Lanud Hang Nadim, Kamis (22/02/2024).

Tes urine dilakukan kepada 104 Prajurit sebagai upaya pencegahan dan memastikan seluruh personel bebas dari penggunaan Narkoba maupun zat adiktif terlarang lainnya. Dari hasil tes urine tersebut didapatkan hasil negatif bagi seluruh Prajurit Lanud Hang Nadim.

Pelaksanaan tes urine bagi personel militer Lanud Hang Nadim dilaksanakan sebelum sosialisasi bahaya Narkoba oleh Tim Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) TNI AU.

Danlanud Hang Nadim Letkol Pnb Sony Aji Pramono, S.T., M.I.Pol dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan menyambut baik adanya sosialisasi bahaya Narkoba dari Tim Satgas P4GN TNI AU.

Komandan Lanud Hang Nadim berharap melalui sosialisasi terkait bahaya Narkoba ini para anggota Lanud Hang Nadim dapat memperoleh berbagai informasi, wawasan, ilmu pengetahuan dan masukan berharga tentang pencegahan serta bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Sosialisasi bahaya Narkoba dari Tim P4GN TNI AU diharapkan dapat menghindarkan para prajurit yang berdinas di Lanud Hang Nadim dari bahaya Narkoba”, ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Danpuspomau Marsma TNI Pipik Krispiarto selaku Dansatgas P4GN TNI AU dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Direktur Penyidikan Puspomau sekaligus Anggota Tim Satgas P4GN TNI AU Kolonel Pom Tatiet Rozadi, CTMP., mengatakan bahwa Satgas P4GN TNI AU mengawali program kerja TA 2024 di Lanud Hang Nadim Batam untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait bahaya Narkoba.

Dansatgas P4GN TNI AU menjelaskan bahwa sosialisasi bahaya Narkoba bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mendalam tentang narkotika dan akibat yang ditimbulkan dari aspek hukum, kesehatan, dan aspek pembinaan mental dengan harapan para Prajurit dan PNS TNI AU tidak sekali-kali mencoba narkotika karena sekali mencoba, masa depan akan hancur.

“Peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh Pemerintah dan TNI Angkatan Udara, karena dapat merusak moral bangsa”, ujar Katim P4GN.

Berdasarkan data dari Satpom Lanud Hang Nadim Batam pada tahun 2023, berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba jenis sabu lebih dari 6000 gram yang dilakukan melalui Bandara Hang Nadim. Sedangkan data dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau sepanjang tahun 2023 berhasil menyita Narkoba jenis sabu seberat 93.466,96 gram.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa peredaran Narkoba khususnya di Provinsi Kepri cukup tinggi, sehingga perlu dilakukan upaya sosialisasi terkait bahaya Narkoba sebagai upaya cegah dini agar prajurit dan PNS TNI AU dapat terhindar dari Narkoba.

Sumber: Penlanud Hnd