SUKSES , RIBUAN PESERTA IKUTI WEBINAR LAKESLA HAPPY ANNIVERSARY 41th “UPDATE MANAGEMENT HYPERBARIC OXYGEN THERAPY AT BRAIN DISEASES” KERJASAMA IDI & PPNI JATIM

Headline1048 Dilihat

OKEBUNG|
Lembaga Kesehatan Kelautan TNI AL Drs.Med.R.Rijadi Sastropanoelar, Phys.(Lakesla Drs.Med. R. Rijadi S.,Phys.) adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Diskesal) berkedudukan langsung dibawah Diskesal. Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys. sebagai penanggungjawab pembinaan Kesehatan Kelautan di lingkungan TNI AL, meliputi dukungan kesehatan (Dukkes), pelayanan kesehatan (Yankes), uji pemeriksaan kesehatan (Urikkes), pendidikan dan latihan (Diklat) serta penelitian dan pengembangan (Litbang). Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys. berdiri sejak tanggal 29 April 1982 bertempat di Jalan Gadung no. 1 Wonokromo Surabaya.

Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB) sangat bermanfaat bagi prajurit TNI AL dan masyarakat umum baik untuk penyakit klinis maupun untuk kebugaran. Selain untuk pelayanan, oksigen hiperbarik juga dibutuhkan untuk dukungan kesehatan pada penyelaman dengan menggunakan ambulans chamber agar prajurit TNI AL yang melaksanakan penyelaman akan terjaga kesehatan terutama pada pertolongan kegawatdaruratan di lapangan. DisinIlah peran Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys. dalam memanfaaatkan TOHB pada prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga stamina terutama bagi prajurit pasukan matra laut yang harus selalu siap dalam setiap penugasan. Selain itu, LAKESLA juga berusaha untuk memberikan sumbangsih terbaik kepada masyarakat umum dengan mengembangkan terapi oksigen hiperbarik pada penyakit klinis diantaranya pasien stroke dan demensia sebagai pelengkap treatment atau adjunvant therapy.

Dalam rangka hari ulang tahun Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys. yang ke-41, Lakesla Drs. Med. R. Rijadi S., Phys. berkerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Timur mengadakan kegiatan Webinar, dengan mengusung tema “Update Management hHyperbaric Oxygen Therapy aAt Brain Diseases” bekerjasama dengan IDI & PPNI Jawa Timur.
Diharapkan melalui kegiatan ini, para dokter dan tenaga kesehatan lainnya di Fasilitas Pelayanan Hiperbarik terus memperkaya diri dengan ilmu dan keterampilan klinis disesuaikan dengan dinamika dan kondisi saat ini yg bisa diperoleh dari serial webinar.

Adapun target dan jumlah peserta webinar ini adalah dokter spesialis,dokter hiperbarik, dokter umum, perawat, mahasiswa dan mahasiswi kedokteran/ keperawatan serta masyarakat umum dengan jumlah peserta diperkirakan 1000 orang.

Namun dalam pelaksanaannya Webinar yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 30 Maret 2023 tersebut diikuti oleh peserta sejumlah 3403 peserta. Sukses menyertai Webinar kali ini.

Adapun kali ini dibuka dengan sambutan Kadiskesal Laksma TNI dr. Agus Guntoro,Sp.BS – Subsp Spine (K) , dilanjutkan Pengantar Kalakesla Kolonel Laut (K) dr. Rudi Pandapotan Napitupulu, Sp.B-KBD dan Kolonel Laut (K) dr. I Ketut Tirka Nandaka, Sp.KJ (K), SH., MM. sebagai Keynote Speaker.
Sedangkan sebagai moderator Kolonel Laut (K) Dr.dr. Hisnindarsyah SE M.Kes MH Sp.KL Subsp.KT(K), C.FEM dengan narasumber 1 yaitu Prof. Dr. dr. M. Guritno Suryokusumo, SMHS, DEA dengan materi MOLECHULAR AND THERAPEUTIC ASPECTS OF HBOT ON BRAIN DISEASES, dr. Erikavitri Yulianti, MD, Sp.KJ sebagai Narasumber 2 dengan materi MANAGEMENT HBOT AS ADJUVANT FOR DEMENTIA,Dr. dr. Paulus Sugianto, Sp.N (K) sebagai Narasumber 3 dengan materi MANAGEMENT OF HBOT AT CEREBROVASCULAR DISEASES dan Dr.Dhian Satya Rachmawati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.sebagai Narasumber 4 dengan materi ROLE OF THE NURSE IN HYPERBARIC OXYGEN THERAPY.

Sukses kegiatan webinar ini tak lepas dari peran partisipasi seluruh peserta yang antusias mengikuti kegiatan serta soliditas team LAKESLA Surabaya. ( Humas Lakesla)