Sukseskan Hanpangan Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Melalui Pendampingan Petani Ubi Warga Binaan

Asahan  |  Selain beras dan jagung, ubi rambat juga merupakan salah satu tanaman pokok bagi warga desa biaan, diharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat memotivasi para warga, agar lebih giat lagi dalam bercocok tanam sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan setiap warga, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Edi Yudika turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Memonitor kegiatan Hanpang Ubi serta melaksanakan pendampingan Hanpangan di lahan singkong/ubi bersama-sama warga desa dan kelompok tani melaksanakan kegiatan menanam tanaman singkong bertujuan untuk meningkatkan komoditas produksi singkong di desa selain untuk meningkatkan kebutuhan pangan warga sekitar juga, membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar dan juga nilai kebersamaan untuk saling bantu-membantu sesama warga, dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan sekaligus membantu Petani merawat dan membersihkan gulma tanaman Singkong (Manihot esculenta) dengan luas +- 2Ha, milik Bapak Hadi Iswanto. kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Syech Hasan Lingkungan VII Kelurahan Selawan Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Sabtu (09/03/2024).

Kegiatan pendampingan ini dilakukan guna menciptakan keakraban dengan petani, serta bertujuan untuk mengatasi ketahanan pangan dan juga memberikan motivasi kepada para petani agar lebih giat lagi dalam bekerja dan merawat lahan pertaniannya. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar lahan agar tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik serta mendapat hasil panen yang lebih baik. Dengan melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif dibidang pertanian yaitu membersikan bedengan lahan Ubi yang sudah ditanami, perkembangan saat ini tumbuhan tanaman ubi rambat kurang bagus dikarenakan musim kemarau. Usia tanaman lebih kurang sudah 4 minggu. Bentuk perawatan tanaman ubi jalar yang dilaksanakan Babinsa dengan petani tersebut yaitu, dengan cara menyiangi atau membersihkan rumput yang tumbuh disekitar tanaman. Selain itu, nantinya akan dilaksanakan juga penyemprotan hama. Sehingga diharapkan, tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Hal ini merupakan bagian dari upaya khusus pandampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa dalam mendukung program pemerintah dan Komando atas yakni mewujudkan Hanpangan dan Masyarakat Produktif, semoga dengan pendampingan ini dapat membantu para petani dalam memajukan lahan pertanianya, serta dapat menguatkan ketahanan pangan di wilayah ini, tutup Babinsa Sertu Edi Yudika.