Sukseskan Ketahanan Pangan di Papua, Prajurit SI’MBISA Buka 34 Hektar Lahan Pertanian Bersama Masyarakat

Mappi – Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Papua, Satgas Yonif 125/SI’MBISA membersihkan lahan tidur guna dijadikan lahan perkebunan untuk mensukseskan program ketahanan pangan, bertempat di seluruh jajaran pos yang tersebar di 3 Kabupaten dan 16 Distrik, yakni meliputi Kabupaten Merauke, Mappi dan Asmat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/SMB Letkol Inf Ronald Manurung dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Mappi. Jumat (15/03/24).

“Kegiatan ini merupakan upaya menjaga stabilitas ketersediaan bahan pokok makanan khususnya padi dan sayuran, karena tanaman ini merupakan salah satu sumber makanan bagi masyarakat di Papua,” tutur Dansatgas.

Dansatgas menambahkan, disamping melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI, kami Satgas tetap mempunyai tanggung jawab moral kepada masyarakat dengan melakukan pembinaan melalui Bidang Pertanian.

“Dengan kegiatan ketahanan pangan pembukaan lahan perkebunan ini diharapkan agar masyarakat khususnya yang ada di sekitar pos Satgas menjadi termotivasi untuk belajar berkebun dalam memberdayakan lahan kosong, sehingga kedepannya dapat memberikan manfaat dan dapat membantu meningkatkan perekonomian warga,” tambah Dansatgas.

Disamping itu, Pasiter Satgas 125/SMB Letda Inf Henry Gunawijaya menjelaskan bahwa jenis tanaman yang ditanam yaitu padi dan sayur-sayuran.

“Tanaman yang ditanami berupa padi, jagung, serta padi karena tanaman ini yang sering di konsumsi oleh masyarakat serta sesuai dengan kondisi tanah yang ada di Papua,” Ujar Pasiter.

Sambutan hangat disampaikan salah satu warga Distrik Assue Bapak Fincensius (38), menurutnya kehadiran Satgas Yonif 125/SMB memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

“Kami masyarakat Distrik Assue merasa senang dengan kehadiran Bapak TNI, program ketahanan pangan dari Si’mbisa sangat bagus untuk masyarakat disini, membuat kita lebih semangat untuk bertani” pungkas Fincensius. (Yonif 125)