Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Kodim 0906/Kkr Siap Berkolaborasi Dengan Pemerintah Daerah

Kutai Kartanegara. okebung.com–     Di dampingi Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Letkol Czi Damai Adi Setiawan beserta jajaran Forkopimda kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kasrem 091/Asn, Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo dan PJ Gubernur Kaltim, Drs. Akmal Malik menghadiri kegiatan panen raya yang diadakan di desa Buana Jaya kecamatan Tenggarong Seberang kabupaten Kutai Kartanegara. Sabtu (02/03/2024)

Panen raya padi varietas Inpari 32 dan Mikongga yang berlangsung di areal persawahan kelompok tani desa Buana Jaya tersebut merupakan upaya jajaran Korem 091/Asn beserta Kodim 0906/Kkr dan pemerintah daerah setempat dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di tengah-tengah masyarakat, demi terwujudnya ketahanan pangan nasional.

“Keterlibatan TNI khususnya jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma dalam mensukseskan program ketahanan pangan merupakan salah satu upaya mempercepat program swasembada pangan dimana pangan merupakan komoditas penting dan strategis mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi”, ungkap Kasrem dalam sambutannya.

“Panen raya padi ini di harapkan dapat mendorong dan memberi semangat kepada para petani untuk terus lebih giat menanam padi, guna memenuhi kebutuhan pangan dan mampu mengendalikan inflasi terhadap salah satu komoditas bahan pangan, terkhusus beras di tengah – tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan tema kali ini yaitu Bersatu Dengan Alam Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional“, tambah Kasrem.

Menanggapi tentang kendala yang dihadapi para petani yang ada diwilayah kabupaten Kukar, Dandim Letkol Czi Damai Adi Setiawan menyebut pihaknya akan siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat dalam mendukung percepatan pembangunan khususnya bidang pertanian.

“Kami akan siap mensupport program pemerintah daerah terkait pengairan untuk pertanian, untuk kedepannya kita berupaya menjaga bagaimana suplai air yang ada di wilayah pertanian ini dapat terpenuhi secara optimal sehingga bisa membantu petani agar tidak gagal panen”.

“Program kita  masih melanjutkan program yang ada yakni memajukan pertanian di wilayah kabupaten Kukar dengan melaksanakan TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) yang dikolaborasikan untuk pertanian. Dan pembuatan kawasan pertanian terintegrasi di setiap kecamatan harapannya dengan adanya kolaborasi antara jajaran Kodim 0906/Kkr dengan pemerintah daerah mudah-mudahan bisa membantu permasalahan masyarakat khususnya para petani”, pungkas Dandim.