Sulap Lahan Tidur, Koramil Susoh Panen Raya Jagung

Kodam IM23 Dilihat

OKEBUNG– Koramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya bersama Muspika dan Penyuluh melakukan panen raya jagung jenis hibrida di lahan percontohan ketahanan pangan di Desa Padang Baru Kecamatan Susoh, Rabu (4/1/2023).

Tanaman jagung tersebut ditanam oleh para Babinsa pada Oktober 2022 lalu, di atas lahan 500 meter yang semula merupakan lahan tidur bersemak belukar.

Penanaman jagung ini dilaksanakan menindaklanjuti instruksi pucuk pimpinan TNI AD KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman agar seluruh jajaran berperan aktiv mendukung program pemerintah dalam penguatan ketahanan pangan, terutama di komoditi padi, jagung dan kedele (Pajale).

Danramil 04/Susoh Kodim 0110/Abdya Kapten Inf Fajar Setyawan menyebutkan pemberdayaan lahan tidur menjadi lahan produktif dilakukan serentak oleh seluruh jajaran Koramil Kodim 0110/Abdya tersebar di 9 Kecamatan.

Upaya khusus (Upsus) itu dilakukan untuk memotivasi geliat pertanian selain padi, sekaligus guna mengungkit peningkatan ekonomi wilayah.

“Alhamdulillah hari ini secara perdana kita melakukan panen jagung dengan hasil yang cukup memuaskan,” ujarnya.

Dari luas lahan 500 meter, tonase jagung mencapai 3,5 ton lebih. Produksi pangan tersebut belum ditambah dengan hasil tanaman tumpang sari lainnya seperti kacang tanah dan kedele.

“Semua hasil panen ini akan kita bagikan kepada masyarakat untuk penambahan pangan dan keperluan pembibitan. Dan tidak henti akan terus kita dorong masyarakat agar mencontoh keberhasilan ini,” sambungnya.

Danramil berharap, Upsus yang dilakukan pihaknya tersebut dapat menguatkan program ketahanan pangan di Abdya yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan oenurut angka stunting.