Swadaya Masyarakat Parbuluan Bangun Kantor Koramil Baru, Danrem 023/KS: Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Parbuluan, Dairi (28/3/2024) – Komandan Korem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan kantor Koramil Parbuluan Kodim 0206/Dairi di Desa Parbuluan 4, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, pada hari Kamis (28/3).

Kedatangan Danrem 023/KS disambut langsung oleh Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban beserta Kasdim Mayor Inf Jimmy Barus, Danramil 02/Sidikalang Kapten Inf T Aritonang, Kapolsek Parbuluan Aiptu Sinaga, tokoh masyarakat Parbuluan Pendeta Togar Sigalingging, dan tokoh pemuda L. Hutabarat.

Danrem 023/KS meninjau langsung pembangunan kantor Koramil Parbuluan yang diprakarsai oleh Pendeta Togar Sigalingging dan didanai secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Perlu diketahui, sebelumnya di Kecamatan Parbuluan belum ada kantor Koramil, dan hanya terdapat pos Babinsa yang terbuat dari kayu. Berkat swadaya masyarakat, pos Babinsa tersebut ditingkatkan statusnya menjadi Koramil Parbuluan dan kini tengah dibangun kantornya.

Dalam sambutannya, Danrem 023/KS Kolonel Inf Lukman Hakim mengapresiasi swadaya masyarakat Parbuluan dalam membangun kantor Koramil.

“Pembangunan kantor Koramil ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat yang patut diapresiasi,” kata Danrem.

Danrem menambahkan, keberadaan kantor Koramil yang representatif akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung tugas pokok TNI dalam menjaga keamanan dan ketahanan wilayah.

Sementara itu, Pendeta Togar Sigalingging, mewakili masyarakat Parbuluan, mengatakan bahwa pembangunan kantor Koramil merupakan bentuk dukungan masyarakat kepada TNI.

“Masyarakat Parbuluan sangat mendukung keberadaan TNI di wilayah ini. Pembangunan kantor Koramil ini adalah bentuk terima kasih dan penghargaan kami kepada TNI,” kata Pendeta Togar.

Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Goklas Pirtahan Silaban berharap pembangunan kantor Koramil Parbuluan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat di wilayah lain untuk mendukung TNI.

“Semoga ini menjadi contoh bagi masyarakat di wilayah lain untuk bersama-sama mendukung TNI dalam menjaga keamanan dan ketahanan wilayah,” kata Dandim.

Pembangunan kantor Koramil Parbuluan ditargetkan selesai dalam 3 bulan. Kantor ini nantinya akan dilengkapi dengan ruang kerja, ruang tamu, dan ruang jaga.

Kunjungan Danrem 023/KS ke lokasi pembangunan kantor Koramil Parbuluan merupakan bentuk perhatian dan dukungan TNI kepada masyarakat di wilayahnya. Hal ini juga menunjukkan sinergitas yang kuat antara TNI dan rakyat dalam membangun wilayah yang aman dan sejahtera. (Tim)