Takbir Keliling di Magelang Dinodai Minuman Keras

OKEBUNG | Sekelompok remaja di wilayah Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, berulah tak terpuji saat malam takbiran lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Pasalnya, pada Rabu, 10 April 2024 dini hari sekira pukul 01.00 WIB mereka melaksanakan takbir keliling sambil mengonsumsi minuman keras (Miras).

Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa melalui Kasatreskrim Kompol Rifeld Constantien Baba membenarkan kejadian tersebut pada Jumat (12/04/2024) pagi.

Menirut Kasatreskrim, pada malam takbiran sekira pukul 01.00 WIB, petugas memberhentikan kendaraan yang digunakan sekelompok remaja saat takbir keliling.

“Rombongan ini menggunakan dia mobil pick up mengangkut sound system yang membahayakan pengendara lain di depan Pos Pam Artos. Setelah diperiksa ditemukan miras jenis Mc Donal dua botol. Miras ini dikonsumsi mereka,” kata Kompol Rifeld.

Disebutkan, kelompok takbir keliling ini adalah para remaja anggota Karang Taruna “Irama” Dusun Bercak, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

“Petugas Polresta Magelang kemudian melakukan tindakan penilangan kendaraan dan juga melakukan pemeriksaan terhadap para remaja tersebut,” ujar Kompol Rifeld.

Penilangan kendaraan ini karena menggunakan mobil bukan untuk peruntukannya. Pelaku melanggar UULAJ No. 22 Tahun 2009 Pasal 303, yang menyebutkan, setiap orang yang mengemudikan mobil barang untuk mengangkut orang kecuali dengan alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 137 Ayat (4) huruf a, huruf b, dan huruf c.

Lebih lanjut disampaikan, terhadap para remaja yang kedapatan mengonsumsi miras dilakukan pembinaan oleh Polsek Mertoyudan dan melibatkan tokoh masyarakat serta orang tua ” pungkas Kompol Rifeld. (Muz)