Tanamkan Disiplin, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Latih PBB Siswa Sekolah SMP Negeri 2 Dolok Panribuan

Korem 02217 Dilihat

Simalungun  |  Latihan PBB ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah. Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Suprato turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan memberikan materi  Peraturan Baris-Berbaris (PBB) kepada siswa siswi SMP Negeri 2 Dolok Panribuan Agar siswa siswi SMP Negeri 2 lebih mengenal tentang baris berbaris di sekolah saat akan melaksanakan kegiatan upacara hari Senin di sekolah nya, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, Jumat (18/11/2022).

Latihan yang diberikan Babinsa Sertu Suprato itu berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu Pelda Bambang juga mengisi mereka dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa. “Selanjutnya kami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,” kata Babinsa Sertu Suprato.

Para siswa pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.