Tanamkan Kedisiplinan Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0208/Asahan Lewat PBB Kepada Siswa/i SD Negeri 8

Tanjung Balai  |  Dalam rangka untuk membentuk disiplin dan karakter siswa untuk persiapan pesta siaga tingkat SD, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tanjung Balai jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Ade R dan Praka M Sutejo turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Wasbang, dengan memberikan materi Peraturan Baris-Berbaris kepada siswa siswi SD Negeri 8, dengan melaksanakan pengenalan PBB kepada anak anak SD guna menambah wawasan kebangsaan kepada murid sekolah dasar, bersama dengan Bapak Eko SPD Guru SDN 8, Bapak Pahri SPD Guru SDN 8, Ibuk Nuraini SPD Guru SDN 8 dan para Siswa SD Negeri 8, kegiatan tersebut yang dilaksanakan berlokasi di SD Negeri 8 Jalan MT Haryono Kelurahan Karya Kecamatan Tanjung Balai Selatan Kota Tanjung Balai, Selasa (16/01/2024).

Latihan PBB ini dalam rangka lomba persiapan pesta siaga. Pesta siaga merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di kwaran-kwaran ada yang setiap tahun, ada juga yang setiap dua tahun sekali. Tergantung pada kebijakan kwaran masing-masing. Disela-sela kegiatan Sertu Ade R menyampaikan, kegiatan yang dilakukannya guna mempersiapkan lomba pramuka dalam pesta siaga tingkat kecamatan. Pada pertemuan pertama dilakukan perkenalan dengan anak-anak tim pramuka dan sedikit berbincang mengenai apa saja yang sudah mereka ketahui mengenai PBB. “Keterlibatan TNI dalam melatih materi PBB bertujuan untuk memberikan motifasi kepada siswa agar lebih giat dalam berlatih, dan juga sebagai bekal dalam menuntut ilmu serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak sejak dini,” ungkapnya.

Menurutnya, kehadiran TNI di sekolah juga bukan hanya sekedar sebagai pelatih namun juga sebagai teman bagi anak-anak, untuk terjalinnya komunikasi dan kemanunggalan TNI dan rakyat di semua lapisan. Mengenai pengenalan PBB kepada siswa-siswi menurut Sertu Ade R agar siswa paham dan mengerti tentang aturan baris berbaris karena kedepan diharapkan para siswa jika ditunjuk mengikuti even even upacara maupun perlombaan sudah paham dan bisa melaksanakannya, terutama bagi siswa yang akan mengikuti lomba.