Taruna Akmil Juara Tiga Finalis Lomba Karya Inovasi Mahasiswa Nasional

Dispenad23 Dilihat

OKEBUNG | Taruna Akademi Militer (Akmil) masuk dalam presentasi 5 Finalis lomba Karya Inovasi Nasional tahun 2022 di Gedung dr HR Suparsono Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah, Rabu (16/11/2022).

Lomba ini diikuti sebanyak 49 universitas seluruh Indonesia. Setelah dilakukan penilaian secara ketat, diambil 5 finalis yg terbaik.

Dalam sambutanya, Gubernur Akmil yang di bacakan oleh Widyaiswara Bidang Administrasi Akmil Brigjen TNI Wasono, S.Sos, M.Hum mengatakan lomba Inovasi Mahasiswa 2022 merupakan bentuk kolaborasi antara Akmil, Balitbang Kota Magelang dan Untidar Magelang.

Terkait hal ini, lanjut Brigjen TNI Wasono diharapkan akan menjadi wadah untuk membentuk karakter generasi muda yang cinta tanah air. Sekaligus wadah mahasiswa dalam menuangkan ide kreatif dan inovatif serta kontribusi kritis terhadap persoalan bangsa.

“Disini juga bisa menumbuhkan jiwa sportivitas dan rasa percaya diri mahasiswa dalam berkompetisi serta sebagai ajang share knowledge mahasiswa,” ujarnya.

Selaku Gubernur Akmil dan atas nama Civitas Akademika Akmil, memberikan apresiasi positif kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam lomba Inovasi Mahasiswa Tahun 2022. Ia percayakan kepada para Dewan Juri yang akan memberikan penilaian secara obyektif dan profesional dari karya peserta lomba, sehingga akan benar-benar dihasilkan karya terbaik dari yang terbaik.


Diakhir sambutannya, ia berpesan kepada para peserta lomba untuk selalu kreatif, terus belajar dan menjadi inovator guna menyiapkan diri secara sungguh-sungguh untuk menjadi calon-calon pemimpin bangsa di bidangnya masing-masing.

Tim Taruna Akmil yang masuk Presentasi 5 Finalis lomba Karya Inovasi Nasional Tim- keempat dengan judul materi : Manfaatan Kandungan Bethacyanins Yang Digunakan Sebagai Sintesis Bahan Sandwich Dengan Bahan Dasar Hylocereus Polyrhizus Untuk Kain Anti Kanker: Studi Kasus In Vivo (Synthesis Of Bethacyanins Fiber Sandwich Material Based On Hylocereus Polyrhyzus: In Vivo Case Study). Taruna Akmil Prodi Nik mesin Han yaitu Sertar M. Alief dhafa wahyudi (2021.178) (Cpl), Sertar Efrata Romualdo Siregar (2021- 019) (Cpl), Sertar M. thariq ghifarianto (2021.160) (Cpn), Sertar Ach Alfaruq Baihaqi (2021.234) (Cpn) dengan dosen pembimbing Lekol Cpl Budi Harijanto, ST, MT dan Kapten Cpl Sukahar, ST, MT.

Dalam Presentasi 5 Finalis lomba Karya Inovasi Nasional, Taruna Akademi Militer mendapat urutan tampil presentasi ke dua. Dengan hasil lomba Juara 1 Universitas Sumatra Utara, Juara ke 2 Poltekad, Juara ke 3 : Akademi Militer Prodi Nik Mesin Han, Juara harapan 1 : Untidar Magelang, Juara harapan 2 Universitas Lampung. (Muz)

Sumber : Penhumas Akmil