TELADANI NILAI-NILAI LUHUR PAHLAWAN, KOLINLAMIL GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN

TNI AL847 Dilihat

OKEBUNG|
Perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan RI dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia memberikan makna yang dalam bagi para generasi penerus bangsa untuk mengikuti jejak para pahlawan khususnya dalam semangat pengorbanan dan keikhlasannya. Perjuangan dan semangat para pahlawan bangsa akan selalu dikenang dan ditandai dengan melaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 yang digelar oleh Komando Lintas Laut Militer di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (10/11).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Kolinlamil dengan penuh khidmat. Adapun tema Hari Pahlawan pada tahun 2022 ini adalah “Pahlawanku Teladanku” yang bermakna sebagai generasi muda dan penerus bangsa, sudah sepatutnya mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan, terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang isinya hari pahlawan yang setiap tahunnya selalu diperingati bersama memberikan gambaran bahwa sebagai insan muda, perjuangan para pahlawan harus dihidupkan kembali dalam benak diri masing-masing terhadap perjuangan para pahlawan bangsa.

Pada hari ini pun seluruh Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam serta kelangkaan pangan yang kiranya perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. “Oleh karena itu teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan Hari Pahlawan tahun ini yang diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesame.” ujar Kepala Staf Kolinlamil.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono di atas geladak helly KRI Semarang-594 memimpin acara tabur bunga di laut dengan mengambil tempat di perairan Teluk Jakarta. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai komponen bangsa yang meliputi unsur TNI/Polri, Kementerian dan Lembaga, Instansi Pemerintah dan swasta serta para veteran RI. (Dispen Kolinlamil)