Terus Gali Potensi, Serma Agus Rizal Ikuti Pameran Inovasi Kodam III/SLW

Kodam Siliwangi441 Dilihat

OKEBUNG|
Serma Agus Rizal mengikuti Kegiatan Pameran Inovasi di Kodam III/ Siliwangi. Kegiatan ini digelar dalam rangka On Job Training (OJT) Taruna Sermaakan diselenggarakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 12 Januari s.d. 13 Januari 2023, Jum’at (13/01/23)

Pameran yang diikuti oleh sedikitnya 17 stan dari Korem, Kodim, perguruan tinggi hingga swasta tersebut menampilkan alutsista dan inovasi teknologi kepada masyarakat khususnya pelajar untuk memicu mengembangkan inovasi dan potensi yang dimilikinya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Ariwibowo menyampaikan bahwa, pameran yang digelar saat ini merupakan yang kedua kali dalam kegiatan OJT Taruna. Namun, muatan dalam tiap stand pameran saat ini menampilkan berbagai inovasi baru serta penyempurnaan dari produk sebelumnya, pihaknya akan berupaya membantu mendapatkan hak intelektual prajurit sehingga bisa didaftarkan untuk mendapatkan hak paten melalui kerjasama dengan Kanwil Kemenkumham.

Terkait pengembangan inovasi teknologi, Pangdam terus memacu para prajurit untuk bisa mencari alternatif solusi dari persoalan yang mungkin belum didapatkan jalan keluarnya dengan membangun komunikasi melalui metode-metode produktif juga solutif.

“Prajurit dituntut untuk selalu berinovasi, dan selalu mengikuti tren perkembangan global, regional dan nasional serta saling bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegratif”, ujarnya.

Pada kesempatan ini Serma Agus Rizal anggota Kodim 0601/Pandeglang menampilkan inovasi terbarunya yaitu alat penjernih air dari Pipa PVC dengan media filter berupa pasir silika, pasir zeolit dan karbon aktif.

Saat ditemui awak media, Serma Agus Rizal menuturkan inovasi alat penjernih air dibuat karena melihat kondisi wilayah di desa binaannya masih banyak yang memiliki sumber air baku baik itu air sumur gali ataupun sumur bor masih terlihat keruh atau tidak jernih.

“Dengan inovasi penjernih air sederhana ini setidaknya bisa membantu kebutuhan masyarakat sekitar dalam kebutuhan air bersih, “ucap Serma Agus Rizal.