Tiga Hari Menjabat, Irdam XII/Tpr Pimpin Upacara Bendera 17-an

OKEBUNG|
Irdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Donni Hutabarat bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera 17-an, bertempat di Lapangan Tidayu Makodam XII /Tanjungpura.

Brigjen TNI Donni Hutabarat sebagai Inpekstur Upacara dalam kesempatan tersebut membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Dalam amanatnya, Kasad mengucapkan terima kasih yang tulus serta memberikan penghargaan yang setinggi – tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, sehingga sampai saat ini kepercayaan masyarakat terhadap TNI AD masih terjaga dengan baik.

“Saya juga mengapresiasi dan merasa bangga kepada seluruh prajurit TNI AD yang terlibat dalam pengamanan serta mendukung pelaksanaan KTT G-20 yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 15 – 16 November 2022 kemarin, telah berjalan sukses dan lancar.

Hal ini menunjukkan bangsa kita memiliki kapasitas dan kemampuan sebagai tuan rumah yang baik untuk melaksanakan event – event internasional maupun pertemuan penting sejenis lainnya,” ungkapnya.

Lanjutnya mengatakan, memasuki akhir Semester Kedua TA 2022, kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) agar mengecek kembali program-program yang sudah dijalankan, sudah seberapa besar penyerapan anggaran yang dipertanggungjawabkan. TNI AD harus makin memantapkan kerja dan kinerja yang efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bertanggungjawab.

Beberapa hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab serta bentuk kepedulian TNI AD sebagai bagian dari komponen bangsa, antara lain, pertama, perlu mewaspadai terjadinya fenomena bencana alam yang terjadi belakangan ini akibat dari intensitas curah hujan yang cukup tinggi disertai badai dan angin topan.

Oleh karenanya, tingkatkan koordinasi dan sinergi dengan komponen bangsa lainnya untuk bersama-sama melakukan antisipasi dalam mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

Kedua, TNI AD telah mencanangkan beberapa program unggulan dalam rangka membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti, program ketahanan pangan, TNI AD Manunggal Air, penanganan stunting dan masalah kesehatan lainnya, rehabilitasi RTLH serta program terbaru Babinsa Masuk Dapur.

Hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad “TNI AD harus hadir di tengah kesulitan rakyat, serta mampu memberikan solusi terbaik”.

Ketiga, pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan di negara kita ada kecenderungan kasusnya kembali meningkat, setelah munculnya subvarian baru Covid-19 yang disebut XBB. Kondisi ini menunjukkan bahwa kita belum sepenuhnya aman terhadap penyebaran Covid-19, sehingga harus tetap waspada menjaga kesehatan dengan baik.

Keempat, tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 sudah berjalan. Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menyatakan TNI harus bersikap netral dan tidak terlibat politik praktis. Tugas dan tanggung jawab kita hanya membantu pemerintah agar semua rangkaian dan tahapan Pemilu dapat berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Di akhir amanatnya disampaikan untuk teruslah berkarya, agar TNI AD tetap ada di hati rakyat. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta. (Pendam XII/Tpr)