Tiga Jabatan Komandan Satuan Jajaran Puspenerbal Diserahterimakan

TNI AL303 Dilihat

TNl AL-Puspenerbal (23/2/2024).
Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar memimpin prosesi Serah Terima Jabatan tiga Komandan Satuan dijajarannya yang digelar dengan upacara militer di Apron Shelter Heli Pangkalan Udara TNl Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Jumat (23/2/2024).

Tiga Komandan Satuan yang disertijabkan tersebut, adalah Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang dari Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani yang mendapat tugas baru sebagai Komandan Lanudal Juanda kepada Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Kolat Penerbal Puspenerbal.

Komandan Lanudal Juanda dari Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo yang mendapat tugas baru sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dirrenbang) Puspenerbal kepada Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani yang sebelumnya menjabat Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang.

Serta Komandan Kolat Penerbal dari Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu yang mendapat tugas baru sebagai Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal Tanjungpinang kepada Letkol Laut (P) Muhammad Mashabi yang sebelumnya menjabat Perwira Administrasi dan Logistik (Pasminlog) Lanudal Juanda.

Komandan Puspenerbal mengatakan, Sertijab dimaksudkan untuk memperluas wawasan pemikiran agar organisasi dapat menyesuaikan dengan segala fenomena dan dinamika yang ada, sehingga pelaksanaan tugas disetiap satuan diharapkan dapat memberi suasana segar, dinamis, dan penuh inovasi.

“Terima kasih kepada pejabat lama atas kinerja baiknya selama menjabat sebagai Danwing Udara 1, Danlanudal Juanda, serta Dankolat Penerbal, kepada pejabat baru saya berharap dapat melanjutkan tugas secara profesional,” pintanya.

Wing Udara 1 sebagai satuan pelaksana Puspenerbal, berkedudukan langsung di bawah Komandan Puspenerbal yang bertugas menyelenggarakan kegiatan operasi udara dan pembinaan kesiapan skuadron udara dalam jajarannya.

“Terus kembangkan kreatifitas dan kepemimpinan, jadilah komandan yang amanah dan menjadi teladan bagi anak buah, kedepankan keselamatan terbang dan kerja mulai dari tahap perencanaan sebelum melaksanakan kegiatan operasi maupun latihan,” terangnya.

Lanudal Juanda sebagai Pangkalan Udara Kelas A, tentu dinamika dan tantangan tugasnya tidaklah ringan, sehingga diperlukan pengelolaan dan koordinasi berbagai bagian dijajarannya agar mampu memberikan dukungan administrasi dan logistik dengan baik dan profesional.

“Saya meyakini dengan latar belakang sebagai Komandan Wing Udara 1, akan mampu mengkoordinasikan, mengawasi, mengendalikan para perwira staf yang bertugas di jajarannya sehingga dapat mendukung tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Lanudal Juanda dengan baik,” ujarnya.

Kolat Penerbal mempunyai tugas membina profesionalisme prajurit puspenerbal, melalui penyelenggaraan kursus-kursus dan pelatihan-pelatihan di segala bidang yang berhubungan dengan pengembangan dan peningkatan profesionalisme prajurit puspenerbal.

“Saya instruksikan untuk lebih memberdayakan segenap potensi yang ada secara optimal, guna mewujudkan prajurit puspenerbal yang profesional dan memiliki kompetensi yang cakap dan handal dalam mengawaki alutsista,” pungkasnya.

Tampak Hadir Wadan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana, Irpuspenerbal, Dirops Puspenerbal, Dirlog Puspenerbal, Dirpers Puspenerbal, Komandan Wing Udara 2, Komandan Wing Udara 3, Kafasharkan Pesud Puspenerbal, Danlanudal Biak, Danlanudal Kupang dan perwira staf jajaran Puspenerbal Surabaya lainnya.

Hadir juga Ketua Gabungan Jalasenastri Puspenerbal Ny. Vivi Sisyani Jaffar, Wakil Ketua PG Jalasenastri Puspenerbal Ny. Dicca Bayu Alisyahbana, para Ketua Cabang PG Jalasenastri Puspenerbal dan jajaran pengurus lainnya.