Tim Damkar Magelang Berhasil Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Huntap Godegan

OKEBUNG | Sarang Tawon Vespa yang menempel di jendela salah satu rumah di Huntap Godegan, Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, akhirnya berhasil dievakuasi, Senin (15/4/2024) malam. 

Sebelumnya, keberadaan Tawon vespa sempat meresahkan warga. 

Sejumlah petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang terjun langsung membantu warga mengeksekusi sarang tersebut.

Huda, salah satu petugas Damkar Unit Salam, mengatakan sarang Tawon Vespa dieksekusi pada malam hari agar tawon yang menghuni datang itu, tidak agresif dan semua anggotanya telah berada dalam sarangnya. 

Sementara itu, pantauan di lokasi, proses eksekusi sarang tawon itu memakan waktu sekitar 20 menit. dieksekusi dilakukan dengan cara menutup lubang sarang menggunakan kapas yang telah diberi bahan cairan.

Petugas eksekutor juga memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap agar terhindar sengatan Tawon Vespa saat proses eksekusi berlangsung. 

Usai diberi cairan pada kapas penutup lubang sarang, petugas langsung mengambil sarang tawon tersebut dan membuat dalam karung. Hal itu dilakukan agar sisa tawon yang ada tidak menimbulkan bahaya bagi penduduk setempat, apalagi banyak anak-anak. 

Ditambahkan salah satu petugas Damkar Salam yang ikut dalam tim evakuasi mengakui jika Tawon Vespa sangat berbahaya, karena apabila seseorang terkena sengatannya, bisa berisiko menyebabkan kematian.

Oleh karenanya, petugas Damkar Salam ini mengimbau bagi masyarakat yang menemukan sarang tawon di lingkungan tempat tinggalnya segera melapor ke Damkar. Sehingga bisa ditangani secepatnya agar jangan sampai mengancam keselamatan warga.

Tawon vespa mempunyai ukuran tubuh sepanjang kurang lebih tiga sentimeter. Warna tawon jenis ini didominasi hitam dan gelang warna kuning atau oranye di bagian perutnya. Jika menyengat, bisa menimbulkan pembengkakan pada bagian tubuh yang tersengat dan menyebabkan kematian. (Muz)