Tingkatkan Efektivitas Transformasi Digital Dalam Mendukung Pengambilan Keputusan, TNI AL Gelar Rapat Kerja Evaluasi Pembekalan

TNI AL664 Dilihat

OKEBUNG|
“Peningkatan sistem tata kelola pembekalan telah dilaksanakan oleh Disbekal dengan mengadakan dan memanfaatkan transformasi digital. Digitalisasi diharapkan menyederhanakan alur kerja yang biasa dilaksanakan. Sehingga didapatkan efektivitas dan peningkatan produktivitas kerja, serta membantu pimpinan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam pelaksanaan pembekalan di lingkungan TNI AL”.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perbekalan Angkatan Laut (Kadisbekal) Laksamana Pertama TNI Hardiko saat memimpin Rapat Kerja Evaluasi Pembekalan TNI AL TA. 2023 bertempat di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/12).

Kadisbekal dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang silaturahmi insan pembekalan dimana salah satu fungsi pembekalan memastikan dukungan pembekalan bisa diterima di satuan bawah dengan baik.

“Rangkaian kegiatan pembekalan di lingkungan TNI AL periode tahun 2023 telah berjalan dengan baik, namun perlu adanya evaluasi yang koherensif untuk perbaikan di masa yang akan datang”, ucap Kadisbekal.

Disbekal selaku pembina teknis pembekalan di lingkungan TNI AL, dalam sistem pembekalan mempunyai fungsi utama dan penunjang. Fungsi utama meliputi penentuan kebutuhan, penelitian dan pengembangan, pengadaan, penyimpanan, distribusi dan pemeliharaan serta penghapusan.

Sementara itu fungsi penunjang yaitu pengendalian inventori, standarisasi, katalogisasi, sistem informasi, administrasi perbendaharaan, pencatatan dan penghapusan barang milik negara serta mobilisasi demobilisasi.

Kedua fungsi tersebut merupakan suatu rangkaian dalam manajemen rantai pasokan (supply chain management) dengan tujuan untuk memastikan sistem dukungan yang kuat dengan memberikan layanan bekal dan suku cadang KRI kepada satuan-satuan pemakai secara langsung.

Saat ini Disbekal bekerjasama dengan PT. Pertamina Patra Niaga mendapatkan fasilitasi simulasi distribusi penyaluran BMP di TNI AL. “Saya berharap dengan pelaksanaan raker ini diperoleh satu kesatuan pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang sama selaku komunitas pembekalan TNI AL yang akan memudahkan dan memperlancar pelaksanaan tugas yang di emban guna memperoleh hasil yang optimal”, jelas Kadisbekal.

Terselenggaranya pembekalan TNI AL adalah memberikan dukungan logistik bidang pembekalan darat, laut dan udara untuk mendukung terlaksannya Operasi Baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta mendukung kegiatan non operasi terdiri dari operasional perkantoran, pemeliharaan dan perbaikan, pendidikan dan latihan, serta dukungan lain-lain.

Hal ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yaitu menempatkan SDM TNI AL sebagai prioritas utama, dalam hal ini pengembangan fungsi pembekalan TNI AL yang merupakan bagian pembinaan dari sistem dukungan pemenuhan kebutuhan personel, kebutuhan organisasi dan doktrin TNI AL dalam rangka menunjang terlaksananya tugas pokok TNI AL.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.