Tingkatkan Hasil Panen Personel Koramil 06/Kisaran Kodim 0208/Asahan Bantu Petani Bersihkan Gulma Kebun Ubi

Kodam 1 BB2 views

Asahan  |  Gulma-gulma ini akan berkompetisi dengan tanaman utama dalam mendapatkan unsur hara yang diperlukan pertumbuhannya. Gulma dapat menjadi tempat persembunyian hama. Pembersihan gulma sangat penting untuk menekan perkembangan hama yang dapat menyerang tumbuhan terutama pada perkebunan Ubi Kayu itu sendiri, Gulma merupakan tumbuhan yang berasal dari spesies liar yang telah lama menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, atau spesies baru yang telah berkembang sejak timbulnya pertanian.

Setiap kali manusia berusaha mengubah salah satu atau seluruh faktor lingkungan alami, seperti pembukaan hutan, pengolahan tanah, pengairan dan sebagainya, maka selalu akan berhadapan dengan masalah baru karena tumbuhnya tumbuhan yang tidak diinginkan yang merupakan salah satu akibat dari perubahan tersebut, dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kisaran jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Kamaluddin turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Pendampingan sekaligus membantu Petani pemeliharaan dan membersihkan gulma pada Kebun Singkong, kegiatan Pendampingan Ketahanan Pangan (Hanpangan) dengan turut membantu Petani merawat Ubi Kayu, pendampingan dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan membantu Petani merawat dan membersihkan gulma pada tanaman Singkong/ubi kayu milik Bapak Bambang, kegiatan tersebut yang dilaksanakan berlokasi di Jalan Ali Syah Bana Lingkungan ll Kelurahan Mutiara Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Selasa (02/07/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan disamping pendampingan Hanpangan sekalian memperherat hubungan silaturahim serta memberi motivasi kepada Petani agar berusaha mendapatkan hasil yang maximal guna mendukung program ketahanan pangan. Dalam kegiatan pendampingan tanaman pangan ini Babinsa mengharapkan dapat menghasilkan panen yang memuaskan dan harga jual yang tinggi di pasaran, sehingga perekonomian petani dapat terbantu dan kesejahteraan petani semakin meningkat dan tidak terjadinya krisis pangan di wilyah. Kegiatan ini merupakan mensukseskan program pemerintah di bidang Ketahanan Pangan. Oleh karena itu para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal yang berkaitan dengan pertanian, dalam membantu petani membersihkan area pertanian warganya.