TINGKATKAN KELANCARAN ARUS MUDIK LEBARAN, TNI AL LAKSANAKAN PENGAMANAN DI LABUAN BAJO

TNI AL240 Dilihat

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 8 April 2024 — TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Labuan Bajo bersama instansi terkait bersinergi dalam pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M bertempat di Pelabuhan Pelindo Multipurpose III, Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo, Senin (08/04).

Pengamanan arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini tergabung dalam Pam Terpadu Angkutan Laut Lebaran 1445 H/2024 M dengan mengerahkan sebanyak 15 personel dari Lanal Labuan Bajo dan gabungan personel dari Polres Mabar, Pelindo III, KSOP, dan Syabandar.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu kelancaran masyarakat dalam melaksanakan perjalanan menuju tempat tujuan antar pulau di wilayah Provinsi NTT, tepatnya Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo.

Pelaksanaan pengamanan salah satunya terhadap K.M Dharma Rucitra VIII dengan tujuan Ende-Labuan Bajo-Lembar-Surabaya saat melaksanakan proses embarkasi dan debarkasi penumpang.

Komandan Lanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Iwan Hendra Susilo, M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa prajurit Lanal Labuan Bajo turut mendukung dalam hal pengamanan (security area) di perairan maupun Pelabuhan, dimana Arus mudik di Pelabuhan Pelindo Multipurpose III Wae Kelambu mengalami peningkatan penumpang sebanyak 40% dari hari normal ketika lebaran akan meningkatnya jumlah penumpang mudik yang menggunakan Kapal.

“Sehingga perkuatan dalam memonitoring penumpang dan keluar masuk kapal sebagai hal utama demi kelancaran Lebaran Tahun 2024”, ujar Danlanal Labuan Bajo.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah menjalankan tugas untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam pengamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M jalur darat, laut, maupun udara, dan bersinergi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugasnya agar dapat berjalan dengan lancar dan aman, serta menjaga keselamatan dalam bertugas.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.