Tingkatkan Kewaspadaan, Babinsa Kuantan Tengah Laksanakan Patroli Karhutla

Sentajo Raya – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Kuantan Tengah Serda Sunariadi bersama Anggota Lainnya melaksanakan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama masyarakat di desa Muaro Sentajo Kec. Sentajo Raya Kab. Kuansing, Jum’at (15/03/2024).

Kegiatan Patroli ini rutin dilaksanakan di daerah yang rawan kebakaran demi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan Selain itu, patroli ini juga untuk melakukan pemetaan terhadap wilayah yang rawan karhutla di daerah itu.

Serda Sunariadi mengatakan Patroli ini juga merupakan cara untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat, memberikan pengertian dan imbauan agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

“Membuka lahan dengan membakar ini sering dilakukan oleh masyarakat ataupun Perusahaan karena dengan membakar tidak memerlukan biaya yang besar, oleh sebab itu pihak Perusahaan maupun perorangan kadang tidak memperhitungkan akibatnya jika membuka lahan perkebunan dengan cara membakar sangat besar resikonya dan dapat menimbulkan permasalahan,” jelasnya.

Untuk itu lanjutnya, kepada masyarakat maupun Perusahaan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, pasalnya selain dampaknya sangat merugikan banyak orang juga bisa dikenakan sanksi pidana.

“Patroli ini untuk antisipasi cegah dini sehingga apabila ada kejadian kebakaran lahan dan hutan Babinsa dapat menemukan kejadian itu dan melaporkannya dengan cepat, sehingga cepat pula ditangani atau diselesaikan dan Alhmdulillah dalam kegiatan patroli kali ini tidak menemukan titik api dan asap,” imbuhnya.