Tinjau Pasar, Babinsa Ajak Warga Berdayakan Pagar Hijau Rumah

Kodam IM20 Dilihat

OKEBUNG– Babinsa Koramil 06/Manggeng Kodim 0110/Abdya Sertu Masriadi menawarkan bantuan bibit cabai dan tomat kepada warga untuk ditanam di pekarangan rumah.

Hal itu dilontarkan oleh Babinsa saat meninjau perkembangan harga Sembako dan sayur mayur di pasar Kede Kecamatan Manggeng pada Kamis (19/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa menyaksikan langsung alotnya tawar menawar warga saat hendak membeli kebutuhan tomat dan cabai.

“Kebetulan di Koramil kita ada sediakan varian bibit tanaman dapur. Sengaja kita buat untuk ditanam sendiri dan dibagikan kepada warga yang membutuhkan,” kata Babinsa dalam rilisnya pada media ini.

Jenis bibit itu, tambah Babinsa, diantaranya bibit tanaman cabai rawit, cabai merah/hijau, tomat, bawang daun, jahe merah, bayam dan kangkung. Varian tanaman tersebut termasuk sebagai bahan utama harian dapur di luar dari pada beras.

Babinsa meyakini, jika varian bibit sayuran tersebut ditanam di setiap pekarangan rumah, maka dipastikan dapat mengurangi anggaran belanja dapur harian.

“Ini sering kita sebut gerakan pagar hijau rumah. Kecil, dan sepele, namun dampaknya luar biasa untuk ekonomi. Bayangkan berapa besar uang belanja yang dapat dihemat dalam setiap bulan,” tegas Babinsa.