TMMD ke-119 Kodim Abdya Wujudkan Mimpi Warga Alue Manggota Miliki Jalan di Atas Gunung

Kodam IM47 Dilihat

OKEBUNG–  Masyarakat Desa Alue Manggota di Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), mengalami momen bersejarah ketika impian mereka untuk memiliki akses jalan di pegunungan akhirnya menjadi kenyataan.

Impian tersebut terwujud setelah Kodim 0110 Abdya melalui Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 membuka jalan sepanjang 3 kilometer lebih di atas pegunungan.

Jalan ini memungkinkan warga untuk memobilisasi hasil kebun dengan lebih mudah dari sebelumnya.

Sebelumnya, warga Alue Manggota harus menghadapi tantangan berat. Jalan setapak yang curam dan licin menjadi satu-satunya akses menuju kebun mereka.

Hasil panen tidak dapat diangkut dan dipasarkan secara maksimal karena keterbatasan aksesibilitas.

Namun, berkat pembukaan jalan oleh TMMD, semangat berkebun kembali menggeliat. Tanaman produktif yang selama belasan tahun terlantar kini bisa dipetik hasilnya.

Hendra, salah satu warga setempat, mengungkapkan kegembiraannya. “Inilah hasil sawit yang dulu terlantar. Bisa tanam tapi tidak bisa panen, karena tidak ada jalan,” katanya.

“Jangankan mobil, motor, kereta sorong pun tidak bisa karena letaknya di perlerengan gunung,” ujarnya, Senin (3/3/2024).

Dengan adanya akses jalan baru, semangat masyarakat dalam berkebun meningkat drastis.

Senada Hendra, Ruslan, warga setempat bahkan melaporkan harga jual tanah di wilayah tersebut naik secara signifikan.

“Kalau udah ada jalan kayak gini, ramai kali yang minta beli. Dulu kita jual murah pun tidak laku. Sekarang, Insyaallah,” kata Ruslan.

Keberhasilan ini mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Alue Manggota. Mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim Abdya dan Pemerintah Daerah.

“Terimakasih kepada Kodim 0110 Abdya bersamaan Pemkab karena telah menghadiahkan jalan impian yang berdampak positif pada perbaikan ekonomi warga,” pungkas Ruslan.