TNI Dirikan Posko Bencana dan Dapur Umum Bantu Warga Jarai Lahat

Sumsel – Posko Bencana dan Dapur Umum didirikan di Kantor Desa Nantigiri atas kerjasama Koramil 405-08/Jarai dengan Polsek, para kepala desa dan masyarakat. Didirikannya Posko Bencana dan Dapur Umum imbas dari bencana banjir yang melanda Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat.

Dipilihnya Desa Nantigiri sebagai Posko Bencana karena kawasan itu sangat strategis dan jauh dari resiko bencana. Hal tersebut disampaikan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat, Letkol Inf Asis Kamaruddin, S.E., M.I.P., dalam rilisnya, Lahat Sumsel, Minggu (28/01/2024).

Letkol Inf Asis Kamaruddin mengatakan untuk saat ini debit air sudah berangsur surut dan sebagian warga sudah melakukan aktivitas seperti biasa. “Walaupun demikian kami terus menghimbau kepada warga untuk tetap waspada apabila hujan turun, karena tidak menutup kemungkinan banjir susulan akan kembali terjadi,” ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim 0405/Lahat menyampaikan bahwa  Babinsa sampai saat ini masih terus memantau perkembangan situasi di beberapa Desa yang terdampak banjir serta membantu warga membersihkan material sampah yang berada diseputaran rumah warga.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0405/Lahat bersama Forkopimda Kab. Lahat meninjau dan memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir berupa, sembako siap saji, obat-obatan, selimut, tikar dan perabot dapur di Desa Nantigiri, Desa Pelajaran Kec. Jarai dan Desa Ulak Bandung, Desa Pulau dan Desa Gelung Sakti Kec. Pajar Bulan Kab. Lahat.