Transfer Ilmu Pengetahuan, Satgas Yonif 310/KK Gelar Penyuluhan Pertanian

Keerom ~ Dalam rangka berbagi ilmu pengetahuan dengan masyarakat di wilayah perbatasan RI-PNG, Pos Somografi Satgas Yonif 310/KK gelar penyuluhan pertanian di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Jumat (1/3/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dikatakan Dansatgas, penyuluhan ini dilakukan pihaknya yang berada di Pos Somografi dan diikuti 50 orang, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan serta menambah pengetahuan bagi masyarakat Kampung Somografi tentang pertanian.

“Penyuluhan pertanian ini merupakan proses pendidikan non formal yang bertujuan untuk memberikan informasi, pengetahuan, keterampilan kepada petani ataupun masyarakat khususnya di kampung perbatasan agar dapat mengembangkan usaha tani mereka secara mandiri dan berdaya saing,” terang Dansatgas.

Lanjut dikatakan, dengan penyuluhan pertanian dapat membantu petani mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam bertani serta memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan hasil panen. Selain itu, hasil pertanian tersebut disamping untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari juga dengan cara bertani yang baik dan benar dapat meningkatkan sumber daya ekonomi bagi masyarakat.

Sementara itu Danpos Somografi Letda Inf Entis menambahkan, dalam kegiatan ini dirinya memberikan ilmu tentang cara bertani dari tahap awal sampai dengan akhir, seperti penyiapan/pengolahan lahan, penyiapan bibit, proses penanaman, pemupukan, perawatan sampai dengan siap panen.

“Kampung Somografi ini letaknya jauh dari pusat kota, sehingga sulit untuk mendapatkan sembako. Dengan meningkatkan kualitas pertanian maka ketahanan pangan akan tetap terjaga untuk memenuhi kebutuhan warga,” tambah Danpos.

Penyuluhan yang diadakan ini mendapat respon positif dan antusias warga yang tinggi. Philipus Palop (52) selaku Kepala Suku mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah memberikan ilmu untuk warganya.

“Yang dilakukan Bapak-bapak TNI sangat berguna sekali bagi masyarakat, sehingga menambah pengetahuan tentang pertanian, mengingat masyarakat disini merupakan petani sehingga ilmu pengetahuan tentang pertanian ini dapat kami diterapkan,” ungkap Philipus.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.