TURUNKAN BANTUAN DAN EVAKUASI KORBAN ERUPSI GUNUNG RUANG, KAPAL PERANG TNI AL TIBA LOKASI BENCANA

TNI AL350 Dilihat

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 18 April 2024 — KRI Kakap-811 yang merupakan unsur Kapal Perang TNI Angkatan Laut (TNI AL) dibawah Satrol Lantamal VIII Manado bergerak cepat menuju ke lokasi bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Kamis (18/04).

Kapal perang ini membawa 2.632 paket bantuan kemanusiaan dari Kementerian Sosial serta sejumlah bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok bagi masyarakat yang terdampak bencana diturunkan di Dermaga Umum Tagulandang.

Bantuan kemanusiaan yang disalurkan terdiri dari ribuan paket makanan, selimut, tenda, genset hingga pakaian untuk orang dewasa maupun anak-anak, yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat terlebih ditengah kondisi darurat.

Selain pemberian bantuan, TNI AL juga mengerahkan sejumlah prajuritnya untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak bencana. Hingga saat ini sebanyak 195 orang warga Tagulandang telah di evakuasi dalam KRI Kakap-811, yang selanjutnya akan dibawa menuju Bitung.

KRI Kakap-811 yang berada dibawah pimpinan Komandan KRI Kakap-811 Mayor Laut (P) Yacob Tri Raharjo ini membawa 76 personel yang onboard di kapal, antara lain 25 orang personel Marinir Yonmarhanlan, 31 orang personel Brimob, 20 orang Tim Kemensos.

Aksi cepat TNI AL dalam pemberian bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali kepada jajarannya untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), serta bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam penanggulangan bencana alam.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.