Tutup TMMD Ke-115 Kodim 0415/Jambi, Danrem 042/Gapu : Pertahankan Semangat Kebersamaan dan Kemanunggalan TNI-Rakyat

Kodam Sriwijaya644 Dilihat

OKEBUNG|
Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., menutup pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 tahun 2022 Kodim 0415/Jambi, Rabu (9/11/2022).

Program TMMD ke 115 tahun 2022 Kodim 0415/Jambi dilaksanakan selama satu bulan di Desa Kembangseri Baru Kecamatan Marosebo Ulu Kabupaten Batanghari dengan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya yaitu, pembangunan jalan baru, Rehab rumah tidak layak huni (RTLH), Rehab MCK Mushola.

Sekaligus pembangunan infrastruktur tambahan lainnya berupa Rehab rumah tidak layak huni (RTLH) 1 unit bantuan dari Bazda Kab. Batanghari, Pemasangan lampu jalan sebanyak 8 titik dari Dinas Perkim Kab. Batanghari, pembuatan sumur bor sebanyak 3 titik dari PT. Telkom serta Pembuatan Pos Kamling swadaya masyarakat.

Acara penutupan yang digelar di lapangan Kantor Camat Marosebo Ulu, Kab. Batanghari, Jambi, dihadiri Bupati Batanghari diwakili Asisten 1 Setda Batanghari bersama unsur Forkopimda Batanghari, para Kasi Korem 042/Gapu, Dandim jajaran Korem 042/Gapu, Dan/Kasat Balak Aju jajaran Korem 042/Gapu, Rektor UNJA, Manager PT. Telkom Indonesia, Ketua Baznas Kab. Batanghari, Kepala OPD Kab. Batanghari, Para Asisten Setda Kab. Batanghari, Para Tokoh Masyarakat Kec. Marosebo Ulu dan undangan lainnya.

Saat membacakan amanat Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI Hilman Hadi, Danrem 042/Gapu mengatakan bahwa program TMMD ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa menunjukkan hasil yang memuaskan, dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Berbagai hasil pembangunan sarana fisik dan non fisik telah mendorong perkembangan yang signifikan di desa, sehingga dapat mewujudkan kemandirian dan ketahanan wilayah
yang tangguh.

Danrem berharap mekanisme pembangunan daerah melalui model Program TMMD dapat terus dipelihara dan dijadikan salah satu modal dasar masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, khususnya di wilayah pedesaan.

Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati, Instansi Kementerian terkait dan seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan dukungan moril, materiil dan personel, dalam kegiatan TMMD ini, ungkapnya.

Keberhasilan pencapaian tersebut merupakan buah hasil kerja keras dan cerminan suatu sikap serta keinginan yang besar dari kita semua, untuk senantiasa memberikan dan berbuat yang terbaik dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam segala segi kehidupan.

Selain itu, Program TMMD ini dapat terselenggara dengan lancar, tertib dan aman, adalah berkat dari hasil jerih payah, kesungguhan, ketekunan dan dedikasi yang tinggi dari personel Satgas TMMD termasuk masyarakat, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga menyampaikan beberapa atensi dan harapan dari Pangdam II/Swj yang perlu ditindaklanjuti, yakni :

Pertama. Pertahankan semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI-Rakyat dengan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi, serta melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekeliling kita.

Kedua. Tingkatkan semangat gotong royong yang merupakan salah satu dari nilai luhur bangsa indonesia, sebagai upaya dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketiga. Kepada masyarakat yang menjadi sasaran TMMD, agar hasil-hasil yang telah dicapai dapat dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dikembangkan secara berkelanjutan, sehingga masyarakat lebih termotivasi untuk membangun daerahnya secara mandiri.

Keempat, Laksanakan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD ke-115 sebagai bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

Kelima, Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi, pengabdian dan kerja keras yang telah kalian tunjukkan selama pelaksanaan kegiatan ini, sehingga dapat selesai sesuai rencana dengan aman dan lancar.

Usai Upacara penutupan TMMD, dilanjutkan dengan acara tambahan, berupa penyerahan 5 kunci rumah (RTLH) dan Penyerahan paket sembako secara simbolis kepada 10 orang perwakilan oleh Danrem 042/Gapu serta meninjau kegiatan baksos berupa sunatan massal, pelayanan kesehatan, peninjauan pelayanan KB, bazar/pasar murah, menyaksikan hiburan panjat pinang dan meninjau Posko TMMD. (Penrem042gapu)