Uji Kenaikan Pangkat, Prajurit Batalyon Komlek 2 Marinir Ikuti Tes Samapta

Marinir, TNI AL116 Dilihat

Okebung

TNI AL, Dispen Kormar (Surabaya),- Dalam rangka memenuhi kelengkapan administrasi uji kenaikan pangkat (UKP) periode 01 Oktober 2024, prajurit Warta Buana Yudha Batalyon Komlek 2 Marinir mengikuti tes kesamaptaan jasmani di Marines Sport Center (MSC) Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang Surabaya. Jumat (02/02/2024).

Sebelum ujian kesamaptaan dimulai, seluruh peserta wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan berupa tensi guna mengetahui tekanan darah saat itu, apabila tekanan darah dinyatakan normal, maka prajurit bisa langsung melakukan senam peregangan untuk mencegah terjadinya cedera, sebelum tes samapta berlangsung.

Uji kesamaptaan terdiri dari baterai A yaitu lari selama 12 menit , baterai B terdiri dari pull up, sit up, push up dan shuttle run, kemudian baterai C yaitu renang dengan jarak 50 meter. Tahapan ujian ini harus bisa terlewati dengan nilai baik sehingga hasil nilai samapta tersebut bisa dinyatakan memenuhi syarat untuk proses kenaikan pangkat.

Komandan Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Danyonkomlek 2 Mar )  Letkol Marinir Chandra Lestari, M.Tr.Opsla., menyampaikan pesan kepada prajurit Warta Buana Yudha,’’ Tidak mudah untuk meraih pangkat baru oleh sebab itu laksanakan ujian ini dengan serius  agar bisa meraih nilai maksimal dan bisa memenuhi syarat untuk menyandang pangkat baru, harapannya dengan pangkat baru, bisa menambah semangat, motivasi dan kebanggaan diri karena proses ini dilaluinya dengan perjuangan, loyalitas serta dedikasi yang tinggi.’’pungkasnya.