UPAYA TNI AL MEMBANGUN SARANA UMUM DAN ATASI STUNTING DI PAPELA ROTE TIMUR

TNI AL363 Dilihat

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 14 Maret 2024,—— Dalam rangka mempercepat pembangunan, meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan serta mengatasi stunting, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote yang dipimpin oleh Danlanal Pulau Rote, Letkol Marinir Nikodemus Balla menggelar Karya Bakti, Bakti Sosial, dan Bakti Kesehatan yang dipusatkan di Desa Papela Kecamatan Rote Timur, Nusa Tenggara Timur, Kamis (07/03).

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 5 hingga 7 Maret ini diawali dengan pembersihan Pantai Batutua dan Dusun Tanjung, hingga merenovasi masjid dan gereja, dapur umum, rumah tak layak huni, pagar sekolah dasar (SD) Inpres Derantian 01, dan renovasi toilet umum. Lanal Pulau Rote juga membagikan 400 paket sembako di seluruh lokasi renovasi karya bakti, pengobatan gratis, pembagian 300 swim vest untuk mengurangi resiko kecelakaan di laut, serta pemberian bantuan susu guna menanggulangi stunting di Kabupaten Rote.

Selain itu, masyarakat khususnya nelayan juga mendapatkan sosialisasi untuk menurunkan angka pelanggaran batas wilayah negara serta meningkatkan pemahaman mengenai batas wilayah dan batas negara, agar pada saat melaut, nelayan tetap berada dalam teritorial Indonesia.

“Hari ini, kami pusatkan kegiatan Baksos bersama warga yang tinggal di Desa Papela, Baksos ini merupakan upaya TNI AL untuk meningkatkan dan mendukung perekonomian, percepatan pembangunan serta mengatasi gizi buruk stunting dengan memberikan susu sebagai penambah nutrisi,” ujar Danlanal Pulau Rote.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa TNI AL harus menjadi garda terdepan untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan mensejahterahkan serta mengatasi kesulitan rakyat sekitar, karena TNI lahir dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.