Upayakan Normalisasi Saluran Air Persawahan, Babinsa Bersihkan Area Irigasi Dari Rumput Liar

OKEBUNG|
Sektor pertanian, terutama subsektor tanaman pangan, paling rentan (mempunyai tingkat kerentanan paling tinggi) terhadap perubahan iklim karena tanaman pangan umumnya merupakan tanaman semusim yang relatif sensitif terhadap cekaman (kelebihan dan kekurangan) air.

Serda Mara Monang Siregar Koramil 07/Sei Lasi Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif (P3MP) dibidang pertanian yaitu tanaman padi, di Nagari Tarung-Tarung, Kecamatan lX Koto Sei Lasi, Kabupaten Solok. Rabu, (11/1/2023).

Kegiatan pada saat ini melaksanakan perawatan mengontrol air sawah yang sudah di tanami padi.

Dengan adanya pengairan yang tidak stabil dapat menyebabkan peningkatan intensitas gangguan organisme pengganggu tanaman (OPT), kegagalan panen, penurunan Indeks pertanaman, penurunan produktivitas, kualitas dan produksi pada tanaman padi tersebut.

Serda Mara Monang Siregar mengatakan irigasi mempunyai peran yang sangat penting dalam hal penyaluran air ke persawahan, dengan irigasi yang bersih, maka pendistribusian air irigasi dapat menuju sasaran dengan lancar.

“Kami selaku Apkowil (Aparat Komando Kewilayahan) dan selalu mendampingi dan mendukung warga binaan dalam segala hal, seperti mendukung ketahanan pangan di wilayah,” ucapnya.

Kegiatan sekarang ini, “memperhatikan serta mengecek saluran irigasi yang dipenuhi rumput dan akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga, disamping itu mengecek debit air guna pengairan ke sawah agar selalu cukup,” terang Babinsa.