Usai Jalani Orientasi, 12 Bintara Remaja Polri Terima Pembaretan di Jurangjero

TNI Polri27 Dilihat

OKEBUNG | Sebanyak 12 personel Bintara Remaja Polri mengikuti upacara penutupan orientasi wilayah dan pembaretan Bintara Polri Diktuba Gelobang II TA 2022 Polresta Magelang Polda Jawa Tengah.

Kegiatan dilaksananakan di Obyek Wisata Alam (OWA) Kawasan TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) Jurangjero Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (11/1/2023) siang.

Penutupan orientasi ini dipimpin oleh Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun. Turut mendampingi Plt Kapolres yakni Plt Wakapolresta Magelang Kompol Aron Sebastian, para PJU Polresta Magelang seperti Kabagops Andre Bachtiar W, Kabag Ren Kompol Srihasta Birowowati, Kabag SDM Kompol Budi Suwarni, Kabag Log Kompol Nunung Nur Hayati, Kasat Samapta Kompol Nur Alfian Zaelani, serta para Kasat, Kasi, Kapolsek ajaran, dan Forkopimcam Srumbung.

Sebanyak 12 personel Bintara Remaja yang mengikuti kegiatan pembinaan tradisi dan pembaretan tersebut merupakan Bintara Polri lulusan SPN Polda Jateng tahun 2022 yang ditempatkan di Polresta Magelang.

Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan orientasi dan pembaretan dimaksudkan untuk memelihara mental kejuangan, kecintaan terhadap Korps Bhayangkara.

“Juga memupuk disiplin dan meningkatkan keterampilan, serta kemampuan fisik personel,” ujarnya.

“Intinya, mampu melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat di lingkungan Polresta Magelang,” timpal Sajarod.

Dalam kegiatan ini, lanjut Sajarod, merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh personel Bintara Remaja. Karena untuk bisa menggunakan baret tersebut dibutuhkan perjuangan, tantangan dan rintangan melalui etape-etape jalur yang sudah disiapkan.

“Kepada Perwira dan Bintara Pendamping saya ucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Syukur Alhamdulillah kegiatan pembinaan ini berjalan dalam keadaan aman, dan kondusif,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, AKBP Sajaron menekankan kepada Bintara Remaja yang mengikuti kegiatan pembinaan dan pembaretan. Di antaranya untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai latihan fisik dan mental guna menyambut tugas ke depan yang lebih berat.

Plt. Kapolresta Magelang AKBP M Sajarod Zakun.

(Plt. Kapolresta Magelang M Sajarod Zakun)

Sajarod juga menekankan bahwa kegiatan itu jangan hanya dijadikan tradisi semata, namun dijadikan sebagai ungkapan rasa syukur bisa berdinas di Kepolisian. Para Bintara Remaja agar menanamkan disiplin sejak sekarang dan jauhi segala bentuk pelanggaran, baik Disiplin, Kode Etik maupun Pidana.

“Saya menginginkan para Bintara Remaja Polri yang kuat, dan menjadi personel Polri yang siap sedia dalam menjaga kamtibmas di wilayah Polresta Magelang. Semoga ke depan para Bintara Remaja ini bisa memberikan dedikasi dan loyalitasnya baik terhadap instansi maupun terhadap Negara. Dalam rangka menjalankan tugas sebagai Pelindung, Pelayan dan Pengayom Masyarakat,” pungkas Plt. Kapolresta Magelang AKBP Sajarod.

Upacara diakhiri dengan Pembacaan Doa, Laporan Komandan Upacara, dan Penghormatan Pasukan. Usai upacara, Plt Kapolresta Magelang AKBP Sajarod selaku Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara diikuti PJU dan peserta upacara. (Muz*)