Waaster Panglima TNI Sosialisasi Pengawalan dan Pendampingan Budidaya Tebu Th. 2022 Di Kodim 0729 Bantul

TNI Polri22 Dilihat

Bantul – Kodim 0729 Bantul menerima kunjungan kerja dan sosialisasi pengawalan dan pendampingan budidaya Tebu Th. 2022 oleh Waaster Panglima TNI Brigjend TNI (MAR) I Made Wahyu Santoso dan Tim Ditjen Perkebunan Kementan ke Kodim 0729/ Bantul di Aula Kodim 0729/Bantul, Jl. A Yani No.1 Melikan Kidul, Kab. Bantul. Kamis (10/11).

Dalam kesempatan pertama Dandim 0729 Bantul, Letkol Inf Arif Hermad, S.I.P memberikan sambutan mengucapkan selamat datang Waaster Panglima TNI Brigjend TNI (MAR) I Made Wahyu Santoso dan Tim Ditjen Perkebunan Kementan dalam rangka sosialisasi pengawalan dan pendampingan budidaya Tebu Th. 2022.

Kami juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar besarnya di karenakan dalam penyambutan tim masih banyak kekurangan. “Diharapkan nantinya para pendamping budidaya tebu dapat menyerap materi yg diberikan dari Kementan dan menerapkan sekaligus mengimplementasikan kegiatan tersebut di lapangan”. Tegas Dandim.

Sambutan dari Bapak Waaster Panglima TNI Brigjend TNI (MAR) I Made Wahyu Santoso memberikan pengarahan bahwa kegiatan pengembangan kawasan tanaman tebu merupakan bagian dari kegiatan yang memiliki tujuan meningkatkan produksi tebu.

Maksud dan tujuan diselenggarakan sosialisasi adalah untuk pengembangan kawasan tanaman tebu guna memberikan ilmu pengetahuan wawasan dan keterampilan tentang pengembangan kawasan tebu di wilayah. serta menghimpun saran dan masukan dari berbagai pihak terutama para peserta sosialisasi.

Membuka kembali komitmen kita agar tetap proaktif inovatif optimal dan tidak surut di tengah berbagai kendala serta hambatan dalam membantu pemerintah meningkatkan produksi, serta menciptakan tempat kehidupan masyarakat yang lebih baik dan mendorong keberlangsungan pengembangan kawasan tanaman tebu.

“Panglima TNI telah menandatangani adendum nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian RI dengan TNI terkait dengan dukungan pelaksanaan program pembangunan pertanian”. Jelas Waaster Panglima TNI.

Dikesempatan yang sama sambutan dari Bapak Adi Pratomo SP, Ma Gr (Direktur tanaman semusim dan rempah kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan perjanjian kerjasama antara direktorat perkebunan dengan Tentara Nasional Indonesia. Program pemenuhan Swasembada tersebut kita akan melakukan kegiatan perluasan sejumlah Rp75.000 hektar dan juga 125.000 hektar. “Tebu bisa di jadikan alternatif sumber energi, dan kedepan para pabinsa harus memiliki struktur organisasi yang jelas dalam pendampingan penanaman tebu”. Ujarnya.

Bapak Ir. Imawan Eko Handriyanto, MP. (Kepala Bidang Penyuluhan, Produksi dan Pengembangan Usaha Pertanian Kab Bantul) juga menambahkan Tebu Tahun 2021 yang masuk ke pabrik gula Madukismo yang masuk ada 478.247 kuintal dalam luas 99 hektar kemudian dengan kualitas 48 ton. “Perlu kami sampaikan dengan keadaan tersebut kabupaten Bantul terbaik namun masih adanya kendala jenis bibit dan cara pengolahan tanahnya”. Ungkapnya.

Waaster Kasdam IV/Dip Letkol Kav M.S. Matodang juga mengharapkann para babinsa dapat untuk mengawal kegiatan peningkatan kualitas tebu sejak awal penanaman tebu sampai pasca panen yg dilaksanakan oleh petani tebu ataupun kelompok-kelompok tani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Paban IV/Komsos Ster TNI, Kolonel Inf Jacky Ariestanto, S.Sos, M.Sos, Waaster Kasdam IV/Dip Letkol Kav M.S. Matodang, Kasi Ter Korem 072/PMK, Kolonel Inf Gempar Sebayang, Pabandya-2/Kommas, Paban IV/Komsos Ster TNI), Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra, Mewakili Dandim 0729/Bantul, Mayor Mespan Danramil 03/ Kasihan, Pabandya Wanwil / Tahwil Sterdam IV/ Dip, Mayor inf R. Ambar Tjahjana, Dinas ketahanan pangan dan pertanian Diy, Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM). Kepala Bidang Penyuluhan, Produksi dan Pengembangan Usaha Pertanian Kab Bantul, Ir. Imawan Eko Handriyanto, MP. Pasiter Kodim 0729/ Bantul, Kapten Inf M.B Berhen Suncoko, Danramil 10 / Imogiri , Danramil 18/ Pajangan, Babinsa koramil 10/Img,18 /Pjg, Bapak Haris Darmawan, S.Sos, M.Sc (Koord. Tebu dan Pemanis Lainnya), Bapak Yudi Wahyudi, SST (Subkoord. Pengembangan Kawasan Tebu), Bapak Adi Pratomo SP, Ma Gr (Direktur tanaman semusim dan rempah).